Otonomi

Badan Kerja Sama Antar Desa Kecamatan Pangkalan Kuras Santuni Orang Tua Jompo dan Sunat Masal

Redaksi TN | Rabu, 26 Juni 2019 - 09:04:51 WIB | dibaca: 69 pembaca

TopikNews (PELALAWAN) - Sebanyak 170 Orang tua jompo dan 160 orang anak mengikuti kegiatan sunat masal.

Acara tersebut di hadiri, Camat pangkalan kuras Firdaus Wahidin.Kapolsek pangkalan kuras Kompol Ali Ardi,SH.Hum.Ketua Dprd kabupaten pelalawan Nasarudin SH MH .Ketua BKAD kecamatan pkl kuras ,Sopian.kepala puskesmas pkl kuras Rahmad Rasulullah S.K.M.

Ketua Dprd Pelalawan dalam kata sambutan nya, agar Bank Dana Amanah Pemberdaya Masyarakat (DAPM) dapat melengkapi sesegera mungkin seluruh persyaratan nya agar dapat di tingkat kan menjadi Bank perkereditan rakyat ( BPR) di karena kan aset nya sudah mencapai kisaran 5 Miliar.

Bermula nama nya PPK ,berubah lagi nama nya ke  PMPM mandiri dan seiring waktu maju dengan pesat nama nya berubah menjadi dama amanah pemberdayaan masyrakat, kegiatan simpan pinjam di kecamatan maju dengan pesat ,karena di kendali kan oleh tangan2 manejemen dan birokrasi yang  propesianal sehingga maju .dari awal 500 juta kini mencapai 5 meliar aset nya, dalam kurun waktu 8 Tahun,ya ini sungguh luar biasa dan sangat kita apresiasi,ucapa ketua dprd kab Pelalawan.


Ketua badan kerja sama antara desa ((BKAD) kecamatan pangkalan kuras,Sopian SH.mengucapakan ribuan terima kepada masyarakat luas atas kepercayaan nya kepada kami sehingga kegiatan simpan pinjam ini maju dengan pesat,apa yg telah di sampai kan ketua dprd kabupaten Pelalawan benar ada nya, berharap kedepan nya agar pihak pemerintah pusat dapat memberikan suntikan dana nya kembali agar lebih maju lagi.

Ketua unit pelaksana kerja (UPK) Sri kandi,Khardi,MS.selalu pelaksana pengembangan simpan pinjam yang membawahi 16 desa yg ada di kecamatan pangkalan kuras.pada inti nya, badan yg bergerak ini sangat besar sekalo di rasakan manfaat nya oleh masyarakat luas,bunga yang sangat ringan dan keuntungan sisa hasil usaha(SHU) di kembalikan ke masyrakat.

Di kembalikan ke untungan tersebut ke masyrakat dengan cara membuat kegiatan seprti menyantuni orang tua jompo dan sunat masal ( sunat rasul).

Kegiatan seperti ini  di laksanakan setiap tahun nya( anak sekolah masa libur) dan sudah berlangsung kisaran 10 tahun.

Semua kegiatan di buat hasil rapat seluruh pengurus dengan membuat Laporan SPJ.yang jelas sisa hasil usaha simpan pinjam tidak hanya mutlak di rasakan oleh anggota tersebut,namun masyarakat luas juga dapat merasakan nya,ya kita beramal untuk dunia dan akhirat.keteria yg mendapat kan bantuan orang tua jompo dan sunat masal kita serah kan ke desa desa (kepala desa) jelas kita tidak membatasi namun tidak pula kita memberikan bantuan di atas kemampuan yg telah kita sepakati,utk orang tua jompo kita memberikan bantuan sembako da. Utk yg sunat masal kita berikat kain ,baju dan uang saku.ucap khardi,MS.


Penulis Dian ( hasil konfirmasi seluruh pengurus BKAD dan DAPM) kecamatan pkl kuras.

Tokoh masyarakat desa sido mukti, khozin,kita sangat mengapresiasi kegiatan ini,jelas sngat menyentuh ke masyarakat langsung,kegiatan simpan pinjam khusus di desa ini berwadah atw berbadan hukum badan usaha milik desa (bumdes).bunga sangat ringan sekali dan ke untungan di kembalikan ke masyarakat dengan membuat acara kegiatan sosial seperti ini.jelas kegiatan ini sangat menyentuh ke masyarakat.tegas Khozin.

Kepala puskesmas kecamatan pangkalan kuras, Rahmad hidyahtullah,SKM.kegiatan sunat masal ini sudah sesuai kesepakatan, pihak puskesmas sebagai penangung jawab sunat masal ini dan untuk bantuan hadiah dan uang saku yg di berikan kepada sunat masal oleh BKAD,ya ini sangat bagus di karena kan acara tersebut di hari libur sekolah,utk kesembuhan sunat tersebut di tanggungan jawabin sampai sembuh.tegas kepala puskesmas pkl kuras.Rahmad hidayahtullah. [TN/Dian]

RedaksiTN