Otonomi

Bupati Amril Ingatkan Camat Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2018

Redaksi TN | Senin, 28 Mei 2018 - 04:57:56 WIB | dibaca: 74 pembaca

TopikNews (BENGKALIS) - Meskipun Jum’at, 1 Juni mendatang merupakan hari libur nasional, Bupati Amril Mukminin kembali mengingatkan seluruh camat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini harus menyelenggarakan upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018.

“Sesuai dan menindaklanjuti instruksi Mendagri, pemberitahuan untuk itu sudah dikirim ke masing-masing camat. Jadi tak ada alasan tak menyelenggarakannya karena tak memperoleh informasi. Kami akan pantau. Bagi yang tak mengindahkan, tentu ada sanksi,” tegas Bupati Amril.

Mantan Kepala Desa Muara Basung itu mengatakan itu usai safari Ramadhan 1439 H di masjid Al Furqon Duri XIII, Desa Bathin Sobanga, Kecamatan Bathin Solapan, Sabtu malam, 26 Mei 2018.

Kepada masing-masing camat, Bupati Amril minta dalam pelaksanaan hari lahir Pancasila pada 1 Juni 2018 mendatang, agar melibatkan sebanyak mungkin elemen masyarakat. Seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, pegawai, lembaga swadaya masyarakat dan pelajar.

“Sebagaimana di tingkat kabupaten, pelaksanaan di tingkat kecamatan  juga harus dilakukan secara terpadu. Misalnya untuk pejabat upacara seperti perwira dan komandan upacara dipercayakan pada anggota TNI dan Polri,” ujarnya.

Kemudian, sesuai tema peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018, yaitu: “Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”, Bupati Amril mengajak seluruh warganya mengamalkan sila-sila dalam Dasar Negara Republik Indonesia tersebut.

“Selain sebagai alat pemersatu, mari kita jadikan Pancasila sebagai inspirasi untuk berprestasi. Menjadi salah satu dasar pijak untuk menumbuhkembangkan semangat berbagi. Mari kita jadikan sila-sila Pancasila sebagai sumber dan alat untuk kian memperkokoh keteladanan, khususnya ketika kita berada di ruang publik,” ajaknya.

Di bagian lain, Bupati Amril mengajak seluruh warganya menjadikan peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018 ini sebagai momentum untuk menegaskan komitmen bersama sebagai berbangsa, yang dalam kesatuannya berkomitmen membangun kemandirian bangsa.

Melalui peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018, dia juga mengajak seluruh masyarakat daerah ini untuk terus dan memiliki komitmen tinggi untuk mengarusutamakan Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Karena komitmen itulah yang dapat memandu daerah dan bangsa ini untuk bersama-sama meraih cita-cita yang gemilang, cemerlang dan terbilang,” imbuhnya.

Melalui peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018 ini, Bupati Amril juga berharap seluruh warganya dapat menghayati secara mendalam makna dan arti penting kesatuan dan persatuan.

“Sesuai tema tahun 2018 ini, merayakan hari Pancasila berarti kita menguatkan fondasi berbangsa, dan merasakan indahnya bersatu, berbagi dan berprestasi untuk mencapai cita-cita bangsa,” tutupnya. [TN/aL]

RedaksiTN