Advertorial

Bupati Harris Buka Festival Sampan Kempo

Redaksi TN | Rabu, 22 November 2017 - 18:48:46 WIB | dibaca: 183 pembaca

TopikNews (PELALAWAN) - Sampan Kampo adalah angkutan tradisional masyarakat di Sepanjang Sungai Kampar, khususnya di Kabupaten Pelalawan. Sampan Kampo ini dapat di jumpai di Beberapa daerah di Kecamatan Pelalawan dan Teluk Meranti. Sampan Kampo ini dapat dijumpai di Desa Kuala Tolam, Pelalawan, Sungai Ara dll. 

Untuk memperkenalkan dan mempromosikan Sampan Kampo kepada masyarakat Luar, kini telah dibuat miniatur atau replika Sampan Kampo. Di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Replika Sampan Kampo ini dapat di peroleh di Dewan Kesenian Pelalawan  yang bersekretariat di Gedung Balai Adat Pelalawan.

Selain itu usaha yang telah di Lakukan Pemerintah Kabupaten Pelalawan untuk memperkenalkan Sampan Kampo ini yaitu dengan mengadakan Lomba  Pacu Sampan Kampo di Desa Sei Ara, Kecamatan Pelalawan tiap tahunnya, dan  event ini sangat berguna untuk menarik minat wisatawan.

Bupati Pelalawan H Harris berharap, melalui festival sampan kampo ini bentuk cara kita menghargai dan melestarikan kebudayaan masyarakat lokal, melihat kondisi masyarakat di pinggiran sungai yang menggunakan sampan sebagai alat transportasi, dengan keterbatasan dan dampak penurunan dari APBD saat sekarang, pelaksanaan event harus tetap berjalan karena ini adalah perwujudan komitmen pemerintah daerah menjadikan festival sampan kampo sebagai warisan kebudayaan asli kabupaten pelalawan yang perlu dilestarikan, dan akan menjadi agenda tahunan pemkab pelalawan

Pacu sampan ini digelar sebagai upaya mempertahankan tradisi masyarakat Desa Sungai ara di tengah modernisasi. Selain itu, iven ini untuk menggugah dan menumbuhkan kebanggaan terhadap wisata daerah. Kabupaten Pelalawan memang sedang giat membangun destinasi wisata untuk dipromosikan secara besar-besaran.

para atlit sampan pun telah siap untuk berlomba dan unjuk kebolehan dalam kegiatan di tepian sungai Kampar desa ara yang dibuka oleh Bupati Haris, Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Pelalawan Indra Kampe, Kadisbudparpora Pelalawan Andi Yuliandri, Camat Pelalawan Djoko Purnomo serta Para Kepala Desa se Kecamatan Pelalawan dan masyarakat setempat.

Kadisbudparpora Andi Yuliandri mengatakan bahwa festival ini merupakan kegiatan upaya untuk melestarikan budaya dan olahraga masyarakat pesisir dengan mengemas produk lokal sebagai atraksi yang menarik bagi pariwisata yang ada di Kecamatan Pelalawan. Pertandingan ini di ikuti oleh 48 Peserta diantaranya 32 Putra dan 16 Putri.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Pelalawan Indra Kampe berharap dengan dilaksanakannya perlombaan sampan kampo bentuk cara kita melestarikan tradisi masyarakat lokal di Kabupaten Pelalawan ini,dengan keunikan ukiran sampan yang berbeda dengan festival yang sama seperti pacu jalur di Kabupaten Kuansing.

Dikesempatan ini katagori yang dipertandingkan ini adalah, Pacu Sampan Kampo Kategori Umum dan Pacu Sampan Kampo antar Kecamatan.

Para peserta membawakan 1 ( Satu ) Tim yang beranggotakan 13 Orang ( 12 orang pendayung dan 1 orang pemandu/kemudi). Diantara persyaratan bagi peserta adalah tidak memiliki penyakit ayan dan setiap peserta harus mempunyai kemampuan berenang demi keselamatan dalam mengikuti lomba.

Kepada peserta yang menjadi juara dalam pacu sampan kampo ini selain piala diberikan juga hadiah uang pembinaan serta piala bergilir bagi juara satu sesuai urutan pemenang dan katagori. [TN/ADV]

RedaksiTN