Otonomi

Bustami HY Jadi Insepktur, Peringatkan Harlah di Bengkalis Hikmat

Redaksi TN | Jumat, 01 Juni 2018 - 12:01:23 WIB | dibaca: 35 pembaca

TopikNews (BENGKALIS) - Upacara bendera peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2018 tingkat Kabupaten Bengkalis, Jum’at pagi (1/6/2018) berlangsung hikmat. Sekretaris Daerah H Bustami HY bertindak sebagai inspektur dalam upacara yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Bengkalis, Jln Jend. A Yani No 070 Bengkalis tersebut.

Walau dalam suasana Ramadhan 1439 H dan pagi tadi sedikit terik, namun para PNS, anggota TNI dan Polri, pelajar, mahasiswa dan pengurus dan anggota organisasi kepemudaan yang mengikutinya tetap antusias.

Ketika membacakan sambutan Presiden Joko Widodo, Bustami mengajak agar peringatan Harlah Pancasila setiap tanggal 1 Juni benar-benar dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding father ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih indonesia kepada masyarakat dunia,” ajaknya.

  

Selanjutnya, katanya, negara manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhinneka dan majemuk. Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan.

Katanya lagi, saatnya kita berbagi pengalaman dalam ber-bhinneka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan.

“Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” ajaknya.

Saat membacakan sambutan Presiden Joko Widodo tersebut, Bustami juga mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustadz, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam keseharian.

Selain Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Timmy Prasetya Harmianto dan Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, ikut hadir dalam upacara Harlah Pancasila 2018 tingkat Kabupaten Bengkalis tersebut, diantaranya Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Sutarno, Kajari yang diwakili Kasi Intel Lignauli Theresa.

Kemudian, Ketua MUI H Amrizal, Kasdim 0303/Bengkalis Mayor Dedyk Wahyu Widodo, DANRAMIL 01/Bengkalis Mayor Irwan, Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Heri Indra Putra, serta Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Haholongan.

Adapun pejabat upacara yang bertindak sebagai Komandan Upacara Ajun Komisaris Polisi (AKP) Andre Setiawan (Kasat Reskrim Polres Bengkalis), Perwira Upacara Kapten Muhdoyo Sancoko (Pasi Pers KOdim 0303/Bengkalis).

Pembaca naskah pembukaan UUD Dasar 1945 oleh Syamsul (Pegawai Negeri Sipil dari Badan Kesbangpol Bengkalis) dan pembawa acara Delisna Wati dari Bagian Umum Sekretariat Daerah. Sementara pengibar bendera Merah Putih oleh 9 orang Purna Paskibraka Kabupaten Bengkalis tahun 2017.

Usai upcara bendera di halaman kantor Bupati Bengkalis, acara dilanjutkan ziarah rombongan ke makam pahlawan Kesuma Kesatria di Desa Air Putih yang dipimpin Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Timmy Prasetya Harmianto. [TN/aL]

RedaksiTN