Pendidikan

Depwas Pendidikan Lembaga KPK DPC Rokan Hilir mengadakan Kunjungan Ke Sekolah

Redaksi TN | Jumat, 20 Oktober 2017 - 08:07:43 WIB | dibaca: 251 pembaca

TopikNews (ROHIL) - Kunjungan sekolah yang dilaksanakan oleh Ketua (Sarianto) dan Sekretaris (Rhonny Star Gultom) Departemen Pengawas Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (LKPK) DPC Rokan Hilir ke Sekolah SDS Kebun Kayangan dalam hal Pengawasan APBN/APBD dan Kebijakan Publik dan khususnya Dana Bos yang di gelontorkan Negara untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka program wajib belajar 9 tahun yang bermutu. 

Program Kunjungan Sekolah merupakan bukti nyata kami (LKPK) dalam menjalankan Tugas Pokok Pengawasan Penggunaan dana BOS di Sekolah sehingga benar-benar tepat sasaran. 
SDS Kebun kayangan berdiri pada tahun 1993, memiliki luas kurang lebih 9000 m3 dan terletak di kebun kayangan PT. SIMP, kec. balai jaya kabupaten rokan hilir, Sekolah ini memiliki kurang lebih 314 siswa, dan 21 Guru.

Pada kesempatan kunjungan kami (LKPK) ke Sekolah SDS Kebun Kayangan kami sempat bercerita panjang lebar dengan kepala sekolah (Pak Syahbandi, SPd) tentang kendala-kendala yang di hadapi beliau dalam memajukan SDS Kebun Kayangan sehingga sekolah tersebut bisa meraih Adiwiyata pada tahun 2016 tingkat Kabupaten dan Pada tahun 2017 tingkat provinsi, Ia juga mengatakan sekolah terus mendukung para siswa untuk tetap maju ke depannya dalam ajang lain.

Dengan pendidikan karakter yang baik mereka siap dalam segala kondisi untuk ikut beragam ajang lomba, Saya hanya bisa bersyukur atas pencapaian sekolah kami 2 tahun berturut-turut. Kami mengikuti lomba hanya dengan harapan mendapatkan Rido Allah Swt, sisanya kami serahkan semua pada Nya.

Di sela-sela tugas pokok kami (LKPK) kami menyempatkan waktu sejenak melihat kegiatan proses belajar mengajar, green house, kolam ikan, budi daya lebah madu trigona, program kampung iklim (ProKlim) dll. Kepala sekolah bapak Syahbandi menjelaskan apa yang di perbuat untuk memajukan sekolah tidak terlepas dari dukungan Kepala Yayasan dan Bapak Pimpinan Perusahaan Kebun Kayangan PT. SIMP, dengan kedatangan kami (LKPK) ke sekolah SDS kebun kayangan dalam hal pengawasan eksternal beliau (Bapak Syahbandi) sangat senang karena bisa sharing kendala-kendala yang dihadapi dan terbantu dalam pengawasan penggunaan anggaran dana BOS. 

Kami (LKPK) berharap semua sekolah bisa menerima kedatangan kami seperti SDS Kebun Kayangan, sehingga tidak terjadi penyalah gunaan dana BOS yang digelontorkan oleh Negara agar terwujud percepatan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan/atau Standar Nasional Pendidikan (SNP).Hasil kunjungan Depwas Pendidikan LKPK DPC Rokan Hilir disampaikan oleh Ketua (Sarianto) kepada Topiknews (18/10) "rasa tanggung jawab dan amanah yang diberikan kepada saya harus dijalankan walaupun ini merupakan kerja sosial, sesuai dengan fungsi Lembaga KPK adalah mengawasi APBN/APBD dan Kebijakan Publik." Salam militansi KPK Jaya.(Dirman).

RedaksiTN