Advertorial

Dishub Luncurkan Mesin EDC untuk Pembayaran Parkir Non-tunai

Redaksi TN | Senin, 11 Oktober 2021 - 13:21:00 WIB | dibaca: 60 pembaca

Pekanbaru, Riau – Topiknews

Pekanbaru, Riau – Topiknews
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru meluncurkan mesin Elektronik Data Capture (EDC) sebagai alat pembayaran parkir nontunai, sehingga seluruh transaksi dalam jasa layanan parkir terekam dan transaksi dapat diketahui dalam sebuah database.

"EDC diluncurkan sabagai salah satu opsi pembayaran parkir secara nontunai, sekaligus menjawab permasalahan setoran parkir yang terjadi selama ini seperti pendapatan, dan pendataan parkir," kata Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso kepada Wartawan belum lama ini.

Pembayaran parkir dengan sistem nontunai itu sudah dirancang Dishub Kota Pekanbaru bersama pihak ketiga sedangkan pengelola parkir di beberapa ruas jalan diberi opsional dalam pemilihan pembayaran. Dalam tahap awal, katanya menyebutkan akan ada sebanyak 250 mesin EDC yang bakal disebar oleh PT. Yabisa Sukses Mandiri (YSM) selaku pihak ketiga pengelolaan parkir tepi jalan umum di sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru.

EDC ini bisa diaplikasikan dengan uang elektronik (e-money), atau bisa juga digunakan dengan debet atau kartu ATM, dan dengan QRIS. Di awal nanti masyarakat jangan terkejut begitu mereka parkir diminta bayar. Untuk tahap pertama akan ada 250 titik tersebar di seluruh jalan protokol," jelas Yuliarso.

Sedangkan untuk tarif parkir, diterangkan Yuliarso, masih sama yakni dengan 500 juru parkir yang disiapkan kendati pengembangannya membutuhkan 1.000-an juru parkir itu yang akan mengutip tarif parkir sesuai Perda yakni kendaraan roda 2 sebesar Rp. 1.000 dan kendaraan roda 4 sebesar Rp. 2.000. Dan Seorang petugas juru parkir, akan dibekali alat pembayaran nontunai selama bertugas dan penerapan parkir nontunai dilakukan bertahap.

"Hari pertama alat yang digunakan pada lima titik dan penggunaan alat ini sesuai fasilitas yang ada. Secara bertahap tempat yang sudah dipilih dengan kategori ramai, fasilitas tersebut akan diberi alat, dilengkapi dengan absensi petugas," terang Yuliarso.

 

Gencar Sosialisasi Pembayaran Parkir Non-tunai
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru terus melakukan sosialisai pembayaran non-tunai dalam jasa layanan parkir tepi jalan umum. Sosialisasi gencar dilakukan guna masyarakat dapat mengakses pembayaran non-tunai dengan mudah nantinya. Baik dilakukan secara langsung kepada masyarakat dan juga melalui Media Masa maupun Media Sosial.

“Sejak jauh hari kita telah lakukan sosialisasi pembayaran non-tunai kepada masyarakat oleh pihaknya bersama PT YSM, sementara penggunaan mesin secara bertahap dilakukan seiring sosialisasi dan pemantapan penggunaan mesin oleh para juru parkir (jukir).