Advertorial

Dishub Pekanbaru Tegaskan Tak Ada Kenaikan Tarif Parkir

Redaksi TN | Senin, 20 September 2021 - 13:09:49 WIB | dibaca: 89 pembaca

Pekanbaru, Riau – Topiknews

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memastikan tidak ada kenaikan tarif jasa layanan parkir tepi jalan umum. Walaupun saat ini pengelolaan parkir telah diserahkan ke pihak ketiga untuk sejumlah ruas jalan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan, besaran tarif parkir masih seperti sebelumnya. Dimana untuk kendaraan roda dua Rp1 ribu, dan roda empat sebesar Rp 2 ribu.

Tidak ada kenaikan, tarif masih menggunakan yang lama sesuai Perwako," tegas Yuliarso, Kamis (9/9) kepada Wartawan.

Yuliarso, menambahkan, peralihan pengelolaan parkir dari pemerintah kota ke pihak ketiga telah disosialisasikan sejak jauh hari. Mereka juga mensosialisasikan terkait besaran tarif parkir.

Masyarakat diimbau tetap memberikan tarif parkir sesuai dengan ketentuan. Untuk saat ini para juru parkir (Jukir) dilengkapi dengan karcis. Di sana juga tertera besaran tarif parkir masing-masing kendaraan.

"Untuk satu bulan ini semua jukir dibekali dengan karcis. InsyaAllah bulan depan kita akan gunakan alat untuk pembayaran parkir non tunai," tutupnya.

 

PT YSM Kelola Parkir Tepi Jalan Umum
Rangkaian proses sayembara sudah mengikuti aturan dan Perundang-Undangan yang berlaku, Kepala Dinas Perhubungan Pekanbaru, Yuliarso juga sudah meminta pendapat hukum dari Kejaksaan Negeri Pekanbaru. Artinya, pengelolaan parkir saat ini nantinya lebih profesional. Pengelola harus mengatur juru parkir dengan baik agar lebih profesional.

Apalagi pendapatan parkir tepi jalan umum bukan lagi berupa retribusi tapi jasa layanan, karena itulah Dishub Pekanbaru mendorong pengelola untuk lebih profesional. Pengelola mesti mencapai potensi parkir Rp. 409 miliar dalam sepuluh tahun sesuai kesepakatan dalam kontrak. Pemerintah kota bakal mendapat persentase bagian dari total potensi pendapatan parkir tepi jalan setiap tahunnya yang berkisar Rp. 40 miliar.

Parkir tepi jalan umum pada 1 September 2021 bakal dikelola oleh pihak ketiga. Mereka yang mengelola parkir tepi jalan umum yakni PT.  Yabisa Sukses Mandiri (YSM).

Tim seleksi sayembara pengelola pakir sudah menyelesaikan proses sayembara untuk mencari mitra pengelola parkir tepi jalan umum. PT YSM terpilih setelah menjalani serangkaian proses dalam sayembara.

Tim seleksi sayembara setelah melalui proses adiministrasi dan teknis akhirnya menetapkan pemenang yakni PT.YSM," terang Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso.