Otonomi

Diskominfotiks Rohil : Sosialisasi E - Office Versi 3, Sistem Layanan E - Government

Redaksi TN | Rabu, 18 November 2020 - 19:27:25 WIB | dibaca: 105 pembaca

TopikNews Rohil – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, (Rohil) melalui Dinas Kominfotiks telah melaksanakan sosialisasi e-government diruangan aula hotel Kesuma jalan Riau Bagan Siapaiapi, Rohil, Rabu (18/11/2020).

Katadia, ini merupakan kegiatan lanjutan sebelumnya direncanakan dan diprogramkan oleh bagian infrastruktur daerah, karena fungsinya berbeda beralih ke Dinas Kominfotiks, “tutur Pj Diskomfotiks Hermanto,di sela Wawancara Awak media.

Agenda reformasi yang dipertegas dengan instruksi presiden nomor 95 tahun 2018 dimana penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik,dan kemajuan teknologi saat ini pemerintah untuk memberikan jawaban atas sikap masyarakat yang semakin kritis terhadap tata kelola pemerintahan,  dengan adanya sistem elektronik ini maka nanti datanya terintegrasi dan mudah untuk di akses oleh masyarakat terutama yang yang memerlukan informasi tentang kinerja pemerintah. semua ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi,persepsi masyarakat terhadap pemerintah yang dinilai korup

Inidapat diminimalisir transparasi mulai dari perencanaan datanya , standarisasi datanya satu data sehingga akan dapat mengurangi ego sektoral dari masing-masing mulai dari perencanaan penganggaran semuanya akan terpublikasi melalui aplikasi-aplikasi yang nanti akan kita  implementasikan

Semua penyelenggaraan Pemerintah aktivitas pemerintah akan berjalan secara elektronik bukan berarti akan mengurangi  aktivitas yang dilaksanakan oleh manusia tapi setidak-tidaknya ini akan lebih efektif, artinya kalau memang sudah secara elektronik selain dapat diikuti semua ASN

Misalnya yang bersangkutan keluar kota, biasanya secara manual ini menunggu yang bersangkutan pulang baru bisa ditandatangani, namun ke depannya di mana pun bisa akan memproses surat misalnya administrasi Pemerintahan

Sosialisasi yang dilaksanakan hari ini proses untuk mempersiapkan SDM-nya kemudian juga tidak kalah pentingnya piranti  perangkat servernya dan daya dukungnya sehingga semua data-data kan bisa ter-cover semuanya.

“Bagaimana infrastruktur dan  kebijakan dalam mengaplikasikannya ini masih panjang tapi bagaimanapun kita harus berproses karena itu Dinas Kominfotiks akan merencanakan di 18 Kecamatan ini sudah bisa terintegrasi ini akan kita rencana kedepannya, “kata Hermanto.

Bagaimana juga untuk mengoperasikan aplikasi aplikasi yang nanti akan kita rancang tentunya merekrut tenaga-tenaga ahli di bidang IT programmer aplikasi dan lain sebagainya.

Ini akan kita lakukan assessment secara terbuka dan mengedepankan “siapa yang punya kemampuan punya kapasitas terhadap apa yang kita butuhkan, nanti akan kita rekrut.

Lanjutnya, “Semua provinsi belum bisa terlaksana dengan baik apalagi yang di Kabupaten artinya masih banyak proses,”tutup Ulung, Sapaan akrabnya, (Jhoni).


Redaksi TN C