Otonomi

DLHK Kota Pekanbaru Melaksanakan Sosialisasi NIRWASITA TANTRA Tahun 2018

Redaksi TN | Rabu, 14 Maret 2018 - 16:11:53 WIB | dibaca: 116 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru melaksanakan Sosialisasi NIRWASITA TANTRA TAHUN 2018 di hotel pangeran jalan Sudirman kota pekanbaru hari Rabu (14/03/2018)

Sosialisasi dengan tema "Menuju peningkatan kualitas dokumen informasi kinerja pengelolahan lingkungan hidup kota Pekanbaru" dibuka oleh Assisten I pemko Pekanbaru H Azwan.

Dengan dilaksanakan sosialisasi ini dapat memberikan penjelasan terhadap lingkungan di kota Pekanbaru dan Sosialisasi ini juga menerangkan bagaimana cara kepala OPD dalam Melakukan Pengelolan tentang Lingkungan. jadi ada beberapa Indikator yang harus diisi, Baik data Valid serta Argumentasinya."ungkap Azwan

Nirwasita Tantra Adalah Program Pemerintah Setiap tahunya. Yang mana Dulu namanya SLHD dan Sekarang Namanya Nirwasita Tantra.

Lanjut Azwan, Nanti Setelah Data ini Kita Isi, Maka data kita Akan dinilai oleh Pemerintah Provinsi, Selanjutnya Akan dibawa Kekementrian Lingkungan Hidup. Setelah Data Kita Masuk, Nanti Orang kementrian Akan Membentuk Suatu Tim, Dan Mereka Akan Mewawancarai Kepala Daerah, Benar gak Kepala Daerahnya Sudah Mengusai Tetentang Lingkungan Di Daerahnya.

Untuk Pemerintah Kota Pekanbaru Sendiri sudah Pernah Mendapatkan Penghargaan ini, yaitu Pada Tahun 2016 dan kita Mendapatkan Piala Beserta Awardnya. Dan Kita Akan Bekerja Keras Supaya Bagaimana Pemerintah Daerah Dalam Mengelola Lingkungannya.Dan Yang Paling Penting Bagaimana Aplikasinya di Lapangan, Bergerak Cepat Dalam mengatasinya. ini Yang Kita Harapkan.

Yang Paling Penting Kita Akan Selalu Bekerjasama Dengan Rt/Rw Dalam Melaksanakan Pengelolaan Sampah Dan Lingkungan Dikota Pekanbaru ini.
 
  
 
Nirwasitra Tantra adalah apresiasi atau penghargaan kepada kepala daerah yang mana Kepala Daerah telah mengelola lingkungan hidup dengan baik, kata Kusdewanto, B.sc kasubbidang jaminan kualitas data dari kementrian. lanjut wanto, Nirwasitra artinya bijaksana, Tantra artinya tulus atau komitmen, Jadi kepala daerah mempunyai komitmen dan tulus untuk meluangkan waktu, tenaga, pikiran dalam mengelola lingkungan hidup yang baik

Dari itu harus melibatkan akademisi, tokoh tokoh masyarakat, dan pemuda pemuda. Kalau dengan anggaran terbatas tentu tidak dapat mengatasi dengan sendirinya. Jadi keterlibatan semua pihak disini sangat diperlukan dalam mengatasi lingkungan hidup dengan baik

Karena apabila dikerjakan bersama itu menjadi muda, dari itu Kita sangat mendorong agar kepala daerah dan Dinas Lingkungan Hidup agar dapat melibatkan komponen masyarakat untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup, jelasnya.

Sosialisasi NIRWASITA TANTRA dihadiri dari DLHK prov riau, OPD dilingkungan pemko OPD vertikal lingkup kementrian KLHK dan PUPR dan PDAM tirta siak. [TN/mL]

RedaksiTN