Otonomi

FKUB Kota Pekanbaru Menggelar Focus Group Discusion Tentang SOP Pelayanan Pendirian Rumah Ibadah

Redaksi TN | Rabu, 21 Agustus 2019 - 12:26:24 WIB | dibaca: 170 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Pekanbaru menggelar Focus Group Discusion (FGD), Focus Group Discusion (FGD) digelar pada hari rabu (21/08/2019) pagi bertempat di aula kantor FKUB Kota Pekanbaru Jalan Arifin Ahmad.


Kegiatan dengan Tema" peningkatan standar oprasional prosedur (SOP) terhadap pelayanan pendirian rumah ibadat di kota pekanbaru", diikuti oleh camat se- kota pekanbaru, KUA se kota pekanbaru, kesbangpol kota pekanbaru.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini yaitu Ketua FKUB Pekanbaru Ismardi Ilyas, MA Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru H Edwar S Umar.

"Ya kita hari ini melaksanakan FGD dihadiri dari berbagai instansi, yaitu dari Kesbangpol dari pemerintah kota dari para Camat, kata ketua FKUB kota pekanbaru H.Ismardi Ilyas.MA kepada media. hal ini supaya memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih cepat lagi karena itu kita sempurnakan SOP kita agar pelayanan lebih cepat.

Lanjutnya, Alhamdulillah tadi sudah dapat kita sepakati bersama-sama dengan pelayanan yang jelas dan tepat, hari ini Kita juga melakukan koordinasi meminta masukan dari para Camat dan KUA tentang potensi-potensi yang dimungkinkan terjadinya konflik antar umat beragama apa lagi kan baru-baru ini kita mendengar namanya Kasus Ustad Somad.

Ya tentu kita menghimbau masyarakat kita untuk menahan diri baik pihak yang merasa dirugikan atau sebaliknya agar menahan diri jangan kita sampai terprovokasi oleh apa namanya kasus-kasus itu, kepada seluruh komponen masyarakat terutama tokoh-tokoh agar dapat mendinginkan suasana dalam suasana yang kondusif yang saling menghormati saling menghargai dan tidak keikutan untuk saling mencela, ucap ismardi.

Ismardi juga menjelaskan, seperti apa SOP nya, "ya mungkin dari segi waktu kita percepatan sudut prosedur kita, biar jelas prosedurnya kepada siapa, bagaimana bentuknya, Siapa yang menerimanya, dan layanan waktunya juga ya jelas sehingga orang sudah tahu standarnya personalnya ini, berapa hari selesai, itu sudah jelas walaupun sebelumnya sudah maksimal tapi kita ingin lagi mempres agar lebih cepat lagi karena sekarang ini kan dunia semakin lebih cepat.

selain kita di sini juga harus jelas, ini akan kita sampaikan nanti kepada para Camat agar untuk di sampaikan juga kepada masyarakat yang ingin mengurus rekomendasi rumah ibadah, Apalagi kalau sudah berbicara kita tentang izin sementara itu kewenangan Camat lebih luas di situ.  [TN/mL]

RedaksiTN