Otonomi

FKUB Provinsi Riau Melaksanakan Dialog Pemuda Lintas Agama

Redaksi TN | Kamis, 28 Desember 2017 - 14:11:21 WIB | dibaca: 94 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Dalam memperkuat kerukunan umat beragama di provinsi Riau, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau melaksanakan kegiatan dialog pemuda lintas agama kamis (28/12/2017) di hotel Alpha kota pekanbaru.

Dialog pemuda lintas agama dibuka oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, kata ketua panitia Pnt.Drs.Japet V Ginting kepada TopikNews.com di sela sela acara, lanjut V ginting, kegiatan ini dilaksanakan satu hari

sebagai nara sumber kegiatan ini dari kemenag provinsi Riau, kespangpol provinsi riau, Dispora, KNPI, dan ketua FKUB provinsi Riau. Peserta yang hadir dari enam majelis agama, yaitu 16 orang dari muslim, 8 kristen, budah 8 orang, 5 katolik, 2 induh, 2 kong hocu dan FKUB  6 majelis agama sebanyak 21 orang ditamba majelis agama MUI, PGI, WALUBI, PHDI, MATAKIN dan Rawil KWI

V Ginting juga menjelaskan, kegiatan ini merupakan dalam mengantisipasi ancaman terhadap keutuhan bangsa baik yang berasal dari dalam maupun dari luar diperlukan kesamaan wawasan dari seluruh bangsa indonesia. Kegiatan Dialog adalah upaya membangun komunikasi membentuk visi dan misi bersama diantara pemuda lintas agama yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan bangsa ini kedepan

Dialog ini juga untuk mewujudkan kerukunan umat beragama, menyamakan visi dan misi, tentang cara hidup bernegara dan berbangsa tanpa mencampur adukan norma agama, menjunjung tinggi nilai nilai transenental sebagai hubungan yang sangat khusus dan bukan untuk dipertentangkan, karena bukan kelompok sinkretisme tapi manusia beriman yang taqwa namun tetap hidup berdampingan secara damai, katanya.

sekertaris panitia Drs.H.Abd.Rahmad Q menambahakan, peserta kegiatan yang mengikuti lebih kurang berjumlah 75 orang dari berbagai unsur pemuda lintas agama di provinsi Riau, karena peran pemuda sangat penting untuk masa depan.

sementara Cahirul Rizki sebagai kepala kesbangpol provinsi Riau menyambut baik dengan dilakukannya dialog pemuda antar lintas agama ini yang dilakukan oleh FKUB provinsi Riau.

hal ini merupakan kegiatan yang positif untuk mempererat hubungan antar agama di provinsi Riau. kespangpol dan FKUB juga saling mengisi dan memberikan laporan terkait Forum Kerukunan Umat Beragama di provinsi Riau.

nada serupa juga dikatakan kakanwil kemenag provinsi Riau Ahmad Supardi, kalau kegiatan yang dilaksanakan FKUB ini sangat memberikan efek yang positip bagi umat beragama agar selalu menjaga hubungan yang baik dan menjaga persatuan di negara indonesi khususnya untuk provinsi Riau.  (ml.TNC)

RedaksiTN