Ekbis

Forkopimcam Kerumutan Komitmen Sepakati 5 Poin Cegah Covid -19 Sesuai Protokol Kesehatan

Redaksi TN | Rabu, 16 September 2020 - 21:50:31 WIB | dibaca: 88 pembaca

Forkopimcam Kerumutan Komitmen Sepakati 5 Poin Cegah Covid -19 Sesuai Protokol Kesehatan



PELALAWAN ( RIAU ) TOPIKNEWS.COM, Dalam rangka menekan dan memutus mata rantai virus Covit -19, pihak Puskesmas Kerumutan bekerja sama dengan pihak Pemerintah Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan, Riau.

Kegiatan di laksanakan di Aula balai pertemuan Puskesmas Kerumutan dan dihadiri oleh anggota komisi III DPRD Kabupaten Pelalawan Suwandi, ST, Camat Kerumutan Husnizal,M.Si, Sekretaris Kecamatan Kerumutan Widodo, SP, Kepala Puskesmas Kerumutan Harno, SKM, Babinsa Kopda Roni Pasla dan Serda Indra Gunawan, Polsek Kerumutan diwakili Kanit Binmas Aipda Abel Tarigan, Kepala KUA Irsal Ahmadi, S.Ag, Korwil Pendidikan Ali Amran, S.Pd, KNPI Kerumutan, Lurah, Kepala desa se- Kecamatan Kerumutan.

Dalam sambutan pidato nya kepala Puskemas Kerumutan Harno,SKM,mengatakan"Setelah diamati masyarakat Kerumutan banyak yang takut dengan virus Covid-19, akan tetapi perilakunya mencerminkan seakan tidak takut. 

"Untuk itu kita harus melaksanakan komitmen bersama untuk mengatasi masalah ini terutama ditempat-tempat umum, misal nya pasar dan rumah ibadah. yang sangat berpotensi menjadi tempat penyebaran Covid-19 adalah pasar, karena para pedagangnya banyak dari luar kecamatan dan tidak mematuhi protokol kesehatan,maka nya hari ini kita membahas ini secara bersama dan nanti kita sepakati bersama

Sementara itu, Camat Kerumutan Husnizal, M. Si mengatakan semakin melonjaknya jumlah pasien terpapar Covid-19, sehingga Pelalawan menjadi zona merah. Dengan demikian beliau berharap kepada Desa yang memiliki pasar untuk mengikuti aturan dan kesepakatan yang akan dibuat nanti

"Saat ini, Kecamatan Kerumutan masuk zona hijau,namun kita harus tetap antisipasi agar Kerumutan Tetap zona hijau. Bagi desa yang memiliki pasar mohon ikuti aturan dan kesepakatan yang akan dibuat nanti agar terhindar dari Covid-19. Untuk rumah ibadah seperti masjid dan gereja wajib jaga jarak dan menggunakan masker. Kita harus melaksanakan komitmen ini bersama,Mohon dukungan dan mari bersama kita sosialisasikan ini kemasyarakat kita

Sementara itu anggota komisi III DPRD Kabupaten Pelalawan Suwandi, ST mengatakan bahwa sejak PSBB dicabut dan diubah menjadi new normal, masyarakat merasa bebas dan banyak yang mengabaikan protokol kesehatan.

Langkah yang paling evektif dalam penanganan dan memutus mata rantai covid-19 di daerah Kecamatan Kerumutan adalah dengan kebersamaan, dengan melibatkan semua unsur tokoh masyarakat untuk menghimbau mensosialisasikan kepada masyarakat kita.

Dari hasil rapat kordinasi dan kesepakatan ini dapat di sepakati bersama beberapa poin si antara nya
1. Setiap pedagang dan pengunjung pasar wajib memakai masker, jika tidak memakai masker tidak di izinkan memasuki pasar dan pengurus pasar wajib menyediakan air mengalir untuk cuci tangan. 
2. Jema'ah masjid atau tempat ibadah wajib jaga jarak dan menggunakan masker.
3. Dalam perayaan pesta, wajib mengikuti protokol kesehatan, dan membatasi jumlah tamu dengan sistem antrian.
 4. Sekolah yang akan melaksanakan belajar tatap muka wajib mengikuti protokol kesehatan, jika tidak maka akan di tutup sampai mengikuti protokol kesehatan.
5. Semua masyarakat wajib pakai masker jika bepergian keluar rumah

Komitmen bersama ini akan di sosialisasikan ke setiap petugas dari instansi Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Kerumutan kepada seluruh masyarakat Kerumutan untuk dapat di taati.


LIPUTAN : FERO UMEL