Otonomi

Gulat Manurung Resmi Kukuhkan DPW APKASINDO Riau

Redaksi TN | Selasa, 03 Desember 2019 - 18:08:39 WIB | dibaca: 19 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Riau Periode 2019-2024 resmi dilantik dan dikukuhkan, Selasa (3/12/2019) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Akpasindo) Ir Gulat Manurung secara resmi mengukuhkan dan melantik Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Riau Santha Buana SP MM.

Acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPW Apkasindo Riau Riau Periode 2019-2024 tersebut  dihadiri oleh Gubernur Riau H Syamsuar dan Forkopimda serta jajaran pengurus DPW Akpasindo.

Dilantiknya pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Apkasindo Provinsi Riau ini diharapkan dapat memperkuat persatuan para petani sawit serta membawa kesejahteraan.

Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan agar pengurus Apkasindo Riau yang baru dilantik ini bisa membatu pemerintah dalam
meningkatkan perekonomian di Riau. 

Selain itu, Gubri juga mengingatkan tentang masalah Karhutla yang merupakan persoalan serius bagi masyarakat Riau, untuk itu diminta komitmen dari Apkasindo agar secara bersama memerangi karhutla ini.

"Kami dari pemerintah sangat berterimakasih karena masalah karhutla ini tanggungjawab kita bersama. Kami dari pemerintah sendiri sudah mempersiapkan alat untuk membuka lahan tanpa membakar dan kami juga akan mengimbau perusahaan-perusahaan membantu petani untuk membuka lahan tanpa bakar," tegasnya.

Sementara, Ketua Umum DPP Apkasindo, Ir Gulat ME MAnurung MP menyebut, sebagai petani pihaknya mengapresiasi Presiden RI karena sudah memberikan regulasi tentang sawit ini.

Nasib petani sawit, terangnya, terus menjadi skala prioritas pemerintah untuk mendukung sawit berkelanjutan ini. Indonesia khususnya Riau harus bangga karena saat ini menjadi penghasil devisa yang besar di sektor sawit.

Kegiatan pelantikan dan pengukuhan DPW Apkasindo wilayah Riau ini didasarkan dari musyawarah wilayah (Muswil) DPP Apkasindo dengan mengacu kepada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). 

Secara aklamasi diputuskan Santa Buana Kacaribu SP MM menjadi Ketua DPW Apkasindo Riau untuk periode 2019-2024. 

Ketua DPW Apkasindo Riau, Santa Buana SP MM, mengaku merasa terhormat karena dipercaya menjadi Ketua DPW Apkasindo Riau masa jabatan 2019-2024.  Menurut dia, dibutuhkan dukungan semua pihak untuk mewujudkan sawit berkelanjutan yang saat ini dicanangkan. [TN/aL]

RedaksiTN