Winer

Inilah Tiga Kuliner Khas Cirebon yang Populer di Kota Bandung

Redaksi TN | Kamis, 21 September 2017 - 09:46:19 WIB | dibaca: 276 pembaca

 

TopikNews (BANDUNG) - Selain batik, terasi, dan keraton, Cirebon juga terkenal dengan ragam sajian kuliner. Saking terkenalnya, beberapa kuliner khas Cirebon telah menyebar luas di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kota Bandung.

Setidaknya ada tiga macam kuliner Khas Cirebon yang populer di Kota Bandung, di antaranya adalah empal gentong, ketoprak Cirebon, dan tahu gejrot.

Tapi tahukah Anda? tempat apa saja yang menyajikan tiga macam kuliner khas Cirebon yang terenak di Bandung.

1. Empal Gentong Warung Dua Putri

Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon, yang rasanya sangat lezat dan gurih. Makanan ini mirip dengan gulai, dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Bagi Anda penggemar kuliner empal gentong, tidak perlu jauh - jauh ke Cirebon. Karena di Bandung ada beberapa pilihan, untuk Anda yang ingin mencicipi empal gentong dengan rasa dan kualitas yang sama di kota asalnya. Satu di antaranya yang memiliki cita rasa empal gentong yang enak adalah Warung Dua Putri. Warung Dua Putri ini, berlokasi di Jalan Cisaranten Kulon No 18, Mekar Mulya, Bandung.

 

 

Sajian empal gentong Warung Dua Putri, terdapat campuran daging sapi, dan jeroan seperti paru, usus, lidah, kikil, dan babat. Sedangkan kuah empalnya, memiliki ciri khas yang berbeda dengan lainnya, yaitu terdapat bumbu salam dan kayu manis. Bagi Anda yang tertarik mencicipi empal gentong Warung Dua Putri, untuk menu spesialnya Anda hanya merogoh kocek Rp 22.000. Jam operasional Warung Dua Putri dibuka setiap hari pada pukul 10.00 WIB - 20.00 WIB.

2. Ketoprak Cirebon Surya

Selain empal gentong, ternyata Cirebon jug memiliki kuliner yang tidak kalah enaknya, yakni Ketoprak khas Cirebon. Di antaranya adalah ketoprak khas Cirebon yang cukup populer di lidah masyarakat. Khusus di Kota Bandung, hampir di setiap sudutnya dapat Anda jumpai pedagang ketoprak Cirebon ini. Satu di antaranya yang cukup terkenal adalah Ketoprak Surya yang berlokasi di Jalan Pagarsih Barat 190, Jamika, Kota Bandung.

Isian Ketoprak Cirebon Surya terdiri dari ketupat, tahu, bihun, bumbu kacang, sayuran tauge dan irisan mentimun. Paling nikmat disajikan dengan sedikit kecap dan kerupuk. Kuah bumbu kacangnya yang pekat, sangat terasa nikmat dan gurih di lidah. Ditambah campuran bihun dan sayuran yang segar, tentunya menambah kenikmatan olahan Ketoprak Cirebon Surya ini.

Bagi Anda yang suka pedas, olahan Ketoprak Cirebon Surya ini bisa disesuaikan tingkat kepedasannya. Untuk satu porsinya Anda hanya cukup merogoh kocek Rp 10.000 per porsinya. Jam operasional Ketoprak Cirebon Surya ini dibuka setiap hari, sejak pukul 06.30 WIB hingga habis, kecuali Jumat tutup.

3. Tahu Gejrot Kawasan Asia Afrika

Tahu gejrot telah menjadi jajanan yang populer dan fenomenal di kalangan bawah hingga atas. Nah, di Kota Bandung ada tempat khusus yang menjajakan cemilan tahu gejrot khas Cirebon, yakni di kawasan wisata Asia Afrika.

Di kawasan tersebut banyak ditemui penjual tahu gejrot yang berjualan tepat di samping gedung Kantor PLN, Jalan Cikapundung Bandung. Sejak siang hingga malam, mereka dengan sabarnya menanti para pembeli yang ingin mencicipi tahu gejrot racikan mereka.

Rata - rata mereka yang berjualan tahu gejrot tersebut, memiliki rasa lezat yang sama dan tidak ada bedanya. Sehingga, Anda bisa bebas memilih bikinan tahu gejrot mana yang ingin dilahap bersama teman dan keluarga Anda. Sungguh menarik bukan? Selain Anda dapat menikmati keindahan suasana di Jalan Asia Afrika, Anda juga dapat mencicipi kelezatan tahu gejrot khas Cirebon ini.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba tahu gejrot di kawasan Asia Afrika, rata - rata harganya relatif sama yakni Rp 10.000 saja. Cukup murah bukan? Ditambah lagi Anda bisa foto - foto di kawasan ini. Rata - rata penjual tahu gejrot mulai mangkal dari pukul 12.00 WIB - 22.00 WIB.


RedaksiTN