Otonomi

Asian Games

Jelang Penutupan Asian Games 2018, Sejumlah Ruas Jalan Mulai Ditutup

Redaksi TN | Minggu, 02 September 2018 - 11:31:23 WIB | dibaca: 41 pembaca

TopikNews (JAKARTA) - Sejumlah ruas jalan di sekitar Gelora Bung Karno, Senayan, mulai ditutup pada Minggu (2/8/2018) pagi jelang penutupan Asian Games 2018 yang akan digelar malam nanti.

Berdasarkan pantauan Kompas.com sekira pukul 09.30 WIB, akses menuju Jalan Gerbang Pemuda dari Jalan Gatot Soebroto sudah ditutup. Jalan itu hanya bisa dilalui oleh kendaraan yang mempunyai stiker khusus.

"Kendaraan yang tidak menggunakan stiker, sementara waktu tidak diperbolehkan melewati, silakan menggunakan Jalan Manggala Wanabakti," ujar seorang petugas.

Akses menuju Jalan Asia Afrika dari kedua sisi yaitu Jalan Hang Lekir di sisi selatan dan Jalan Gelora di sisi utara juga sudah ditutup.

Sementara itu, pantauan arus lalu lintas di ruas jalan yang tak terimbas rekayasa lalu lintas terpantau ramai lancar. Hanya ada beberapa kendaraan yang ampak berhenti di dekat lokasi penutupan jalan untuk menanyakan rute alternatif.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah ruas jalan di sekitar Gelora Bung Karno, Senayan, akan ditutup mulai Minggu pagi pukul 09.00 WIB hingga Minggu malam pukul 21.00 WIB.

Berikut ruas jalan yang akan ditutup:

1. Jalan Gerbang Pemuda sisi selatan ditutup mulai dari Flyover Senayan dan putaran balik di bawah Flyover Senayan.

2. Jalan Asia Afrika sisi timur dimulai dari traffic light Hotel Mulia sampai dengan traffic light Hotel Fairmont, Jalan Pintu Satu Senayan.

 

Selain penutupan jalan, kepolisian juga telah menyiapkan pengalihan lalu lintas untuk mencegah kemacetan di sekitar GBK.
Berikut daftarnya:
1. Flyover Senayan
Kendaraan dari arah Semanggi akan diarahkan lurus ke arah Slipi.
Kemudian kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi.
Tidak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

 

 

2. Pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu Senayan 1
Karena akan dilakukan penutupan di pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan, maka kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi.

 

Pintu masuk FX sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan karena pintu keluar yang melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup.

 

3. Jalan Hang Lekir
Arus lalu lintas dari Jalan Moestopo yang menuju arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

 

 

4. Perempatan Patal Senayan
Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju arah Jalan Asia Afrika diarahkan berputar balik atau dibelokkan ke kiri arah Jalan Senayan 2 atau Permata Hijau.

 

 

5. Traffic light Palmerah
Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di traffic light Palmerah menuju arah Jalan Tentara Pelajar arah Permata Hijau.

 

 

6. Pertigaan Jalan Tentara Pelajar
Kendaraan dari arah traffic light Palmerah diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

 

 

7. Pertigaan Jalan Hang Lekir
Kendaraan dari arah Jalan Pakubuwono diluruskan ke arah traffic light Pakubuwono maupun arah sebaliknya. [TN/aL]

 

RedaksiTN