Otonomi

Jelang Pilkada Muratara Berita Hoax Kian Merusak Citra Demokrasi

Redaksi TN | Sabtu, 19 September 2020 - 16:05:07 WIB | dibaca: 95 pembaca

TopikNews (MURATARA) - Viralnya berita hoax yang di main pihak lawan hanya selalu isu perempuan ini, kini yang di rugi pihak Sepadan. Tapi bukanya untuk menghilangkan simpatisan malah meningkatnya simpatisan sebab telah di ketahui banyak pihak Tim sepadan Nian (H.Devi Suhartoni-H.A.Inayatullah) terkenal solid dan militan serta selalu kompak dan terukur dalam mensosialisasi visi dan misi baik darat ,udara mereka kompak.

Praktisi Teknologi dan Informasi Silampari Rudy S mengatakan pihak yang dirugikan dalam foto salah satu paslon Wakil Bupati Muratara H. Innayatullah  bersama seorang wanita didalam mobil dan ia membantah keaslian foto dengan menunjukkan bukti foto asli.

Dia mengatakan foto itu adalah editan, bisa dilihat dari posting  foto pribadi yang asli ke media sosial di akun Facebook atas nama Hadye Yatullah, sehingga orang tahu foto aslinya begini, dan membuktikan ada orang lain yang mengedit.

Rudy dengan tegas menyimpulkan jika tidak harus melihatnya melalui ilmu digital forensik, foto itu sudah dapat diketahui kalau foto adalah palsu dan Hoax.

Selain itu, sebenernya foto tersebut bisa dilacak dan diketahui kapan dieditnya, siapa mengeditnya menggunakan teknik meta data. Tentu jika  ketahuan siap-siap hal tersebut bisa dilaporkan ke pihak berwajib dengan sangkahan Undang-undang ITE.

"Metode yang dilakukan adalah melakukan strategi teknik dengan pencarian sumber aslinya, berupa asli foto ada di mana, pengirim asli foto itu di mana dan siapa. Dapat dilakukan analisa secara ilmiah dan bisa disimpulkan dan dipertanggungjawabkan," kata Rudy

Selain itu, kata Rudy, sebenarnya mudah menelusuri pelaku pengirim foto tersebut karena foto itu hanya dikirim oleh satu sumber.

"Kasus ini simpel, apalagi sumbernya cuma satu , jadi sebenarnya simpel melacaknya," ujar Ruby.

Dengan kecanggihan teknologi, Rudy mengakui dua foto yang berbeda bisa tampak asli dengan teknik Aplikasi pengolahan gambar seperti Photoshop, Corel dan cropping yang halus, atau mungkin pengolahan gambar lain-lainnya.

Dalam teknologi yang serba canggih seperti saat ini, hal tersebut menurutnya tidak sulit dan sangat gampang dibuat, jadi ia berpesan kepada masyarakat jangan mudah tertipu sebab itu pembodohan publik.

Ia juga mengaku, setelah dilacak menggunakan aplikasi Yandex.com diketahui foto wanita tersebut di upload pertama kali oleh akun Pinteres atas nama Beezle Mon, dan bisa dilihat sengan meng klik Sini.

"Politik itu adalah insting, wajar saja kalau orang menggunakan cara tidak bijak untuk menjatuhkan lawan politiknya,"tutupnya.

Sementara Juru Bicara HDS-TULLAH Hadye Yatullah menegaskan jika foto aslinya pertama kali dia ambil pada bulan Februari di Jakarta. Saat itu dirinya bersama dengan Ustad Innayatullah satu mobil bersama.

Saat diperjalanan menjemput rekomendasi ke DPP PDI Perjuangan ia mengambil foto berdua bersama ustad didalam mobil.dengan menggunakan HP dia Sendiri

Menurutnya ini Hanya sensasi guna untuk memfitnah H. A. Innayatullah dan tentu ini bagi timnya tidak ada pengaruh sama sekali.

"Rakyat sudah cerdas, namun menyangkan jika berpolitik menghalalkan segala cara, apalagi yang ingin di fintah ini adalah seorang Kyai, astarfirullah,"ucapnya.

"Sebelumnya pernah beredar rekaman audio yang gaungkan oleh A.Bastari Ibrahim juru kampanye H.Syarif-Surian tetapi akun yang menyebarkan rekaman hoax telah di ketahui oleh pemiliknya.Akan tetapi H.A.Inyatullah tidak mau melapor ke Aparat Penegak hukum"1.

Ia menyarankan tim sepadanNian teruslah bergerak Dengan riang gembira namun terukur dan terstruktur, tidak perlu menanggapi isu isu yang tidak penting.Tutupnya

Kemudian pemilik Foto yang di ketahui bernama Purnama yang bukan orang yang berdomisili di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ikut menanggapi melalui statusnya di Facebook di konfermasi." Mengata saya tidak kenal dengan ustadz Inayah bahkan saya tidak tinggal di wilayah Sumatera, dengan menyikapi ini saya mendoa agar ustadz Inayatullah menang menuju Muratara Behidaya.Tutupnya.
 
Penulis : AJR
RedaksiTN