Otonomi

Kehadiran Musrembang Sangat Membantu Dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Redaksi TN | Senin, 12 Maret 2018 - 14:12:12 WIB | dibaca: 401 pembaca

TopikNews (PADANG LAWAS) -  Dalam rangka pelaksanaan Amanat Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan,Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.Tata cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Daerah Jangka Panjang Daerah,rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. 
    
Pelaksanaan Musrembang merupakan salah satu untuk merumuskan sesuatu yang bernilai strategis yang diawali dengan adanya penyusunan perencanaan yang aspiratif dan partisipatif dengan menerapkan perencanaan elektronik atau dikenal dengan sebutan e-planning untuk perencanaan Pembangunan Kabupaten Padang Lawas dapat lebih tepat waktu dan tepat sasaran. Hal tersebut diungkapkan Kaban Bappeda Hj Yenni Nurlina Siregar SP saat acara pembukaan Musrembang Kabupaten Padang Lawas di Hotel Syamsiah
 
Lanjut Yenni bahwa Musrembang juga ditujukan untuk menghasilkan kesepakatan dan komitmen tentang rencana program dan kegiatan Pembangunan yang memerlukan pembiayaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi,APBN,Swadaya Masyarakat dan dunia usaha. Musrembang ini mempunyai Visi dan Misi diantaranya untuk mewujudkan Padang Lawas yang beriman,Cerdas Sehat, Sejahtera dan berbudaya dalam sistem Pemerintahan yang bersih,akuntabel,transparan,dan berkeadilan yang bertumpu pada ekonomi kerakyaktan dalam Ridho Tuhan Yang Maha Esa. Dan Musrembang ini mempunyai Misi yaitu Meningkatan tata kelola Pemerintahan yang Demokratis,bersih,akuntabel,transparan,serta efektif dan efisien. Meningkatkan akses dan kwalitas pelayanan pendidikan dan kesehatan. Meningkatkan kwalitas kemakmuran elonomi dan kesejahteraan sosial. Meningkatkan pengelolaan pemanfaatan sumber daya alam untuk peningkatan taraf hidup dan kelestarian lingkungan hidup. Membangun masyarakat yang religius dan kerukunan antar maupun intra umat beragama.
   
Lanjut Yenni bahwa tujuan dari pada Musrembang Kabupaten adalah bahwa Pelaksanaan Musrembang kabupaten Padang Lawas tahun 2018 adalah Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran dalam rancangan awal RKPD Kabupaten Padang Lawas untuk tahun 2019 dan Rencana Kerja OPD tahun 2019.Begitu juga penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Padang Lawas tahun 2019 yang memuat prioritas Pembangunan Daerah alokasi anggaran indikatif berdasarkan program dan fungsi OPD serta usulan kegiatan yang pendanaan lainnya serta mendapatkan yang perlu di biayai dari APBD Kabupaten Padang Lawas tahun 2019.Hasil dari Musrembang adalah kesepakatan tentang rumusan yang menjadi masukan utama meliputi 1.Daftar prioritas program dan kegiatan pembangunan dan alokasi anggaran indikatif berdasarkan program dan kegiatan OPD. 2.Daftar prioritas program dan kegiatan Pembangunan yang sudah dipilah berdasarkan sumber pembiyaan APBD Provinsi, APBN dan sumbet pendanaan lainnya. 3.Daftar usulan kebijakan/regulasi yang di perlukan pada tingkat Pemerintah Kabupaten,Provinsi dan Pemerintah Pusat. 
 
  
 
Hal senada diucapkan Pimpinan Dewan  Padang Lawas H Ir Irsan Bangun Harahap bahwa Musrembang ini sudah kita rancang dari tahun 2017 yaitu tentang sinerginitas yang strategis,dan itu sudah bersama-sama kita sepakat membangun tema dalam sinerginitas percepatan Pembangunan di Kabupaten Padang Lawas tersebut. Tahun inilah tantangan yang harus kita sepakat agar dapat bermusyawarah  untuk mempercepat Pembangunan di Kabupaten Padang Lawas kedepan. Kami dari seluruh Pimpinan Dewan sudah mempunyai catatan bagaimana signifikasi daripada peningkatan Komponen APBD yaitu bagaimana Anggaran tersebut kita pacu dengan cepat,tujuannya untuk mendapatkan dana Anggaran DAK agar cepat masuk ke Kabupaten Padang Lawas,kedua agar dana DAU di Kabupaten Padang Lawas harus kita naikkan atau menjadi turun, serta ketiga apakah untuk tahun 2018 APBD yang sudah dirancang dan ditetapkan, apakah sudah sesuai harapan rakyat Padang Lawas, tapi saya mengharapkan agar kehadiran Musrembang tahun ini sangat banyak bermanfaat dan memberikan harapan besar dalam hal Pembangunan yang signifikan. [TN/DewaJarlub S.Sos]

RedaksiTN