Otonomi

Ketua TPID Kota Pekanbaru Hadiri Penyelengra Capacity Building Penyusunan Laporan Kerja

Redaksi TN | Rabu, 04 Desember 2019 - 12:47:35 WIB | dibaca: 32 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pekanbaru M,Noer MBS, SH, MH,  M.Si hadiri menyelenggarakan Capasity Building penyusunan laporan kerja, yang dihadiri seluruh Kabupaten Kota se provinsi Riau Selasa (03/12/19).

Acara berlangsung di ruang rapat besar Gedung A lantai 2 Bank Indonesia (BI) jalan sudirman. 

Sekda menyebutkan kegiatan Capacity Building Penyusunan Laporan Kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menghadirkan Kepala Bidang Moneter dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yaitu Pak Puji Gunawan sebagai pemateri.

Beliau ini merupakan memiliki beberapa input untuk kemajuan didaerah. Terutama untuk menyanyingi TPID-TPID yang ada diindonesia. Muda mudahan dengan beberapa informasi dan koreksi dari Pak Puji Gunawan, apapun kekurangan kita segera bisa kita sempurnakan,"ujar Sekko.

Alhamdulillah saya sebagai ketua PPID Kota Pekanbaru dan didampingi Kabag Ekonomi serta Kasubagnya hadir pada pemaparan materi yang disampaikan Pak Puji Gunawan.

Untuk itu saya memberikan keterangan kata kunci untuk kelemahan kita disitu adalah Pelaporan. Semoga pelaporan kedepan bisa kita sempurnakan seperti apa yang diarahkan pemateri tadi, dan juga bagaimana perkembangan dan nilai nilai yang akan diberikan,"ungkap Sekko.

Puji Gunawan menjelaskan menurut dia, TPID provinsi, kabupaten maupun kota di Indonesia berada di bawah koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dalam melakukan pemantauan inflasi serta upaya dan solusi yang diambil terhadap faktor pemicu inflasi yang berada di wilayah kerja masing-masing.

Terkait hal tersebut, kepala daerah diharapkan memiliki perhatian terhadap upaya pengendalian inflasi untuk memperoleh tujuan akhir. Namun demikian, hasil akhir pengendalian inflasi bukan semata-mata hanya untuk menjadi ajang kompetisi antar daerah tanpa mengindahkan program yang matang dan berkelanjutan, melainkan menjadi suatu tugas dan amanah bagi pemerintah daerah dalam mengelola kesejahteraan masyarakatnya dengan mengendalikan tingkat inflasi.

Ke depan, seluruh komponen TPID baik provinsi, kabupaten maupun kota perlu terus membenahi kualitas koordinasi antar OPD/instansi untuk dapat menghasilkan strategi dan program pengendalian inflasi yang kreatif dan inovatip"tutupnya. [TN/aL]

RedaksiTN