Politik

Korwil LIRA Riau Himbau Para Caleg Berkompetisi Secara Sehat

Redaksi TN | Kamis, 17 Januari 2019 - 14:32:46 WIB | dibaca: 46 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Kordinator Wilayah Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Riau Harmen 'Boma' Fadly menghimbau para calon legislatif (caleg) untuk berkompetisi secara sehat tanpa melakukan black campaigne (kampanye hitam) terhadap caleg lainnya, khususnya caleg petahana. 

Himbauan itu disampaikan Harmen Fadly terkait dengan banyaknya keluhan yang diterima Korwil LIRA Riau menyangkut proses demokrasi Pemilu Legislatif (Pileg) belakangan ini. "Sebaiknya berkompetisi saja secara sehat, tanpa harus melakukan black campaigne  terhadap caleg-caleg lain, termasuk terhadap petahana," kata Harmen Fadly yang akrab disapa Boma, Kamis (17/1/2019) di Pekanbaru.

Dijelaskan Boma, sejumlah caleg petahana mengaku prihatin karena pada saat melakukan sosialisasi ke tengah-tengah masyarakat, banyak mendapat pertanyaan dari warga sehubungan dengan adanya pernyataan caleg lainnya, terutama yang baru ikut kompetisi, yang menjelek-jelekan caleg petahana. 

"Itu tidak baik untuk pendidikan politik masyarakat. Tidak usah menjelekkan caleg petahana pada saat sosialisasi. Sebab, yang akan menentukan pilihan itu masyarakat. Rakyat itu punya penilaian tersendiri. Jika kinerja caleg petahana itu baik, masyarakat pasti memilihnya lagi. Begitu juga sebaliknya. Kalau memang tidak baik, pasti takkan dipilih masyarakat," ungkap Boma.

Sebaiknya, semua caleg baik yang baru maupun petahana fokus dengan program mereka masing-masing dalam meraih dukungan masyarakat. "Ibaratnya, tak perlu mematikan lampu yang lain. Perterang saja lampu sendiri," ujar Boma mengingatkan.

Korwil LIRA Riau, kata Boma, sangat berharap situasi kondusif dan demokratis akan tetap terjaga hingga pelaksanaan Pileg maupun Pilpres 2019 pada 17 April mendatang. 

"Kompetisi yang sehat serta iklim demokrasi yang sangat kondusif saat ini, hendaknya terus terjaga sampai selesainya pesta demokrasi nanti," harap Boma. [TN/aL]

RedaksiTN