Otonomi

KPU Pekanbaru Tetapkan DCT Pemilu 2019 Sebanyak 691

Redaksi TN | Kamis, 20 September 2018 - 23:37:04 WIB | dibaca: 31 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru menetapkan 691 Calon Anggota Legisilatif (Caleg) untuk Pemilu tahun 2019 dari 720 maksimal jumlah Caleg, melalui rapat pleno, Kamis (20/9/2018).

Jumlah itu kurang 29 orang karena partai politik tidak memenuhi kuota yang diberikan. Jumlah itu juga sama seperti jumlah Daftar Calon Sementara (DCS).

Ketua KPU Pekanbaru, Yelli Noviza, usai penetapan DCT tingkat Kota Pekanbaru mengatakan seharusnya jumlah DCT mencapai 720, namun 29 tidak dipenuhi partai politik peserta Pemilu 2019 dengan berbagai alasan.

"Seperti tidak memenuhi syarat karena persyaratan izajah yang tidak dipenuhi, jadi untuk Pekanbaru yang diheboh-hebokan itu tidak ada, jadi adem-adem saja," ungkapnya.
Diuraikan, 29 0rang yang tidak terpenuhi meliputi dari PKS 1 orang, Partai Perido 1 orang dan Partai Garuda 3 orang serta PKPI 24 orang.

"Bahkan PKPI tidak ada satupun Caleg-nya di Dapil satu yaitu PKPI. Makanya jumlahnya jauh berkurang. Kalau dari PKS itu mengundurkan diri," katanya.

Penetapan DCT berlangsung lancar dan terbit karena dari semula, tidak ada partai politik di Pekanbaru yang mendafatrkan Caleg yang bertentangan dengan Peraturan KPU nomor 20 tahun 2018. 691 Caleg itu akan memperebutkan 45 kursi di DPRD Kota Pekanbaru.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pekanbaru, Indra Khalid Nasution mengatakan Bawaslu Pekanbaru mengapresiasi penetapan DCT yang dilaksanakan oleh KPU Pekanbaru.

"Memang sejak awal proses dari daftar calon sementara sampai DCT, tidak ada permasalahan di Kota Pekanbaru, karena partai politik tidak ada yang mendaftarkan calon yang bermasalah," urainya.

Setelah penetapan, dilanjutkan dengan masa kampanye yang akan dimulai tangagl 23 September 2018. [TN/mL]

RedaksiTN