Pendidikan

Lapor Pak Gubernur Riau, Resesi Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19, SMA Negeri 3 Tualang Pungut Uang Baju Jutaan Rupiah

Redaksi TN | Sabtu, 18 Juli 2020 - 11:21:26 WIB | dibaca: 387 pembaca

TopikNews (SIAK) - Masih ditengah-tengah Pandemi Covid-19, dan gejolak ekonomi yang tidak stabil, pihak Sekolah SMA Negeri 3 Tualang melakukan pemungutan uang seragam sekolah senilai Rp 1.850.000 per calon siswa.

Salah satu orangtua anak yang mendaftarkan dirinya pada seekolah milik Pemerintah yang beralamat di Jalan AMD Kampung Pinang Sebatang Timur, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, mengakui bahwa dirinya dimintai biaya terkait pengadaan seragam.

"Memang ada diminta uang seragam. Sebelumnya kami rapat komite kan. Rapat seluruh orang tua siswa untuk membahas biaya seragam. Lagi pula belajar kan masih online. Belum lagi tatap muka, kesannya terburu-buru untuk meminta uang seragam," celoteh sumber kepada jurnalis, Sabtu (18/7/2020) pagi.

Masih kata sumber, pungutan uang tersebut memberatkan dirinya.

"Mau tidak mau ya saya minjam uang untuk beli seragam. Saya bingung. Katanya sekolah pemerintah biaya gratis tapi banyak embel-embelnya. Saya mohon pak wartawan agar bisa membela kami yang miskin biar disampaikan ke pak Gubernurlah," ujarnya.

Sekedar diketahui, penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah untuk SMA Negeri 3 Tualang jumlahnya cukup besar. Pada tahap pertama tahun 2020, pihak sekolah menerima anggaran dana senilai Rp 429.750.000,-.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 3 Tualang Indrawati saat dikonfirmasi membenarkan pemungutan biaya seragam tersebut.

"Bagusnya bapak nanya sama ketua komite karna pak beliau yang rapat sama wali murid," ujar Indrawati beberapa waktu lalu.

Sedangkan ditanya soal penggunaan anggaran dana Bos terkait peruntukannya, kepala sekolah tidak merespon.

Penulis : Simon
RedaksiTN