Advertorial

Manfaat IUMK Bagi UMKM di Kota Pekanbaru

Redaksi TN | Rabu, 31 Mei 2017 - 17:24:24 WIB | dibaca: 438 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Mendorong dan mengembangkan usaha mikro kecil dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan dipersiapkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), pemberdayaan terhadap pelaku usaha mikro dan kecil berupa penerbitan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) perludiberlakukan.

Sesuai dengan amanat presiden melalui perpres No 98 tahun 2014 tentang izin usaha mikro kecil dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil.

Tujuan dan maksud untuk memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha Mikro dan Kecil dalam mengembangkan usahanya.

Mendapatkan kepastian & perlindungan dalam berusaha dilokasi yang telah ditetapkan, mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha, mendapatkan kemudahan dalam akses pembiayaan kelembaga keuangan bank dan non bankdan mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dari pemerintah, pemerintah daerah dan/atau lembaga lainnya.

Diharapkan dengan kehadiran program IUMK yang dilaunching Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, bersama Kementerian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Bank BRI, UMRI dan Dinas Koperasi Provinsi beberapa waktu lalu, memudahkan pengembangan UMKM di Pekanbaru.

Lebih kurang sebanyak 1.769 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Pekanbaru, sudah memiliki kartu IUMK yang berguna untuk mendapatkan bantuan modal, pembinaan dan pelatihan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Hj. Neng Elida, SE mengatakan, acara ini digagas agar koperasi yang mati hidup kembali, yang merintis makin berkembang dan yang besar makin maju.

“Kartu IUMK merupakan revolusi paradigma berkoperasi dan berwirausaha, kedepan UMKM dan Koperasi diharapkan menjadi guru ekonomi kerakyatan,’’ ujarnya.

Dengan adanya IUMK ini Koperasi dan UMKM akan banyak mendapatkan manfaat. Salah satunya bisa bekerjasama dengan mudah baik antar koperasi maupun juga di fasilitasi pinjaman oleh Bank BRI.

Dia melanjutkan, DinasKoperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Pekanbaru, akan melatih 12 Camat danLurah Pekanbaru bagaimana cara menggunakan aplikasi program IUMK.

‘’Camat akan kami latih cara mengisi formulir isian untuk PUMK yang datang mendaftar guna mendapatkan IUMK,’’katanya.

Elida menjelaskan, IUMK adalah program Pemerintah Kota Pekanbaru yang bertujuan memberikan legalitas kepada  PUMK tanpa berbicara jenis usaha tetapi volume.

“IUMK akan diterbitkan oleh Camat, berdasar kan perwako.Dengan dua kelompok modal usaha mikro dibawah Rp50 juta di luar aset dan bangunan tanah, serta usaha kecil dengan modal Rp50 hingga Rp500 juta diluar aset,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, dengan kepemilikan kartu IUMK ini,maka PUMK akan memperoleh kemudahan lainnya seperti biaya penerbitan.

‘’Pemko juga memberikan kemudahan bagi PUMK untuk melengkapi perizinan sesuai Perda dengan jangka waktu satu tahun,’’katanya.

Sekertaris Dinas Koperasi,UKM kota pekanbaru, Ardiansyah menjelaskan, adapun cara dalam mengurus Izin Usaha Mikro Kecil ( IUMK ), Dalam pelaksanaannya, pelaku usaha mikro kecil dapat mengajukan permohonan IUMK dengan melampirkan berkas permohonan sebagai berikut:  1. Surat pengantar dari RT/RW terkait lokasi usaha,  2 Rekomendasi / Persetujuan Lurah, 3. Kartu tanda penduduk, 4. Kartu Keluarga, 5. Pas photo terbaru berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar. 6.NPWP.

Lanjut Ardiansyah, dengan mengurus Izin Usaha Mikro Kecil ( IUMK ) bagi UMKM dapat bermanfaat bagi masyarakat yang telah memilik izin, seperti dapat difasilitasi pinjaman oleh Bank BRI.

Sesuai dengan Visi dan misi Dinas Koperasi dan UKM kota Pekanbaru, “ Tercapainya Koperasi Usaha Kecil dan Menengah sebagai pelaku kegiatan ekonomi kerakyatan di kota pekanbaru berbasis mekanisme pasar yang berkeadilan.    (adv-Dinas Koperasi & ukm/Diskominfo)

RedaksiTN