Winer

Manis Legit Pisang Epe, Kuliner Malam Makassar

Redaksi TN | Sabtu, 30 September 2017 - 08:41:10 WIB | dibaca: 212 pembaca

TopikNews (MAKASSAR) - Berkunjung ke Kota Makassar, beragam suguhan kuliner berbahan dasar pisang dapat anda nikmati. Misalnya saja Es Pisang Ijo, Pallu Butung hingga Pisang Epe.

Namun, untuk Es Pisang Ijo dan Palu Butung, lebih nikmat dinikmati saat cuaca panas. Nah, untuk Pisang Epe, lebih cocok disantap saat malam hari.

Sebagai jajanan khas Makassar, Pisang Epe memang hanya dapat ditemui dari sore hingga malam di sekitar Pantai Losari Makassar. Puluhan gerobak berjejer, khusus menjajakan kuliner ini.

Pisang Epe dibuat dari pisang kepok atau dalam bahasa Makassar disebut pisang bainang. Pisang kepok adalah salah satu kultivar pisang dari kelompok kultivar ABB. Pisang ini termasuk kelompok pisang olah (plantain) karena tinggi kandungan patinya.

Salah satu pedagang Pisang Epe, Rhia (41 tahun) menjelaskan pengolahan Pisang Epe dilakukan dengan cara pisang dipipihkan kemudian dibakar. Pisang lantas disajikan dengan saus gula merah cair. Rasanya dijamin manis dan legit.

Guna menambah cita rasa, kata Rhia, pengunjung juga dapat memilih toppingtambahan pada sajian Pisang Epe, mulai dari rasa cokelat, keju, kelapa sangrai, kacang dan durian.

"Selain rasa orisinal (disajikan hanya dengan gula merah cair), topping-nya juga bisa dikombinasikan. Misalnya cokelat-keju, cokelat-kelapa, cokelat-durian atau kombinasi sesuai selera," kata Rhia kepada VIVA.co.id di Pantai Losari, Makassar, Jumat, 29 September 2017.

Camilan manis ini memang masih populer di Makassar. Pantai Losari pun menjadi ikon makanan khas di sana. Menyantap pisang epe, paling enak sekaligus sambil menikmati keindahan laut.

"Pengunjung suka kalau malam, karena anginmammirinya (angin sepoi-sepoi) Pantai Losari," ucapnya.

Saat menyantap Pisang Epe, Rhia menyarankan agar tak lupa memesan jus alpukat. Selain rasanya enak, juga baik untuk kesehatan.

"Tapi kalau cuacanya sedang dingin, pengunjung biasanya pesan minumnya itu Sarabba (minuman khas Makassar yang diracik dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk) hangat. Cocok juga," ujarnya.

Saat malam hari, pengunjung Pantai Losari selalu memadati lokasi pedagang Pisang Epe. Terlebih jika malam mingguan, Anda dapat mengajak kekasih hingga keluarga untuk menikmati malam di Pantai Losari sambil menikmati Pisang Epe.

Harganya terbilang murah. Untuk satu porsi Pisang Epe (tiga potong pisang) dihargai Rp10 ribu saja. Harga untuk menambah toppinganeka rasa pilihan, cukup menambah Rp5 ribu.

RedaksiTN