Otonomi

Melalui Program KKPA Kehadiran PT Musim Mas Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Redaksi TN | Selasa, 16 Juli 2019 - 18:56:30 WIB | dibaca: 228 pembaca

TopikNews (PELALAWAN) - Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang sektor apapun tentulah harus membawa dampak positif terhadap seluruh lapisan masyarakat sekitar perusahaan. Karena antara perusahaan dengan masyarakat sekitar perusahaan merupakan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Artinya antara perusahaan dan masyarakat tercipta suatu hubungan yang harmonis dan saling melengkapi/satu sama lain saling membutuhkan.

Begitu juga halnya PT. Musim Mas,kehadiran di kecamatan pangkalan kuras dan kecamatan pangkalan lesyng,Kabupaten Pelalalawan - Riau. perusahaan yang bergerak dibidang sektor perkebunan dan pengolahan mimyak kelapa sawit (PMKS) yang sudah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu dapat memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan para karyawan dan juga terhadap masyarakat sekitar. Tentu sebagai perusahaan tentu masih belum sempurna akan tetapi PT. Musim Mas berusaha secara terus menerus  untuk meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat sekitar.

Manejer Humas PT. Musi Mas,Ibrahim.kepada awak media Selasa 16/07 2019,banyak nya program-program CSR dan CD yang sudah dilakukan tak perlu di ragukan kan lagi.

Program  PT. Musim Mas yang sangat dapat di rasakan manfaat nya terhadap masyarakat diantaranya Pembangunan kebun masyarakat dengan pola KKPA, pembangunan kebun kas desa, pembangunan islamic center Pangkalan Lesung, dan bantuan-bantuan kegiatan lainnya yang dapat dirasakan oleh masyarakat.ya kalaw boleh jujur masih banyak lagi program positip yang tak dapat kan uraikan satu persatu.

Lanjut Manejer Humas,Sebagai gambaran bahwa saat ini masyarakat yang sudah merasakan peningkatan ekonomi pola KKPA sudah mencapai sekitar 1.073 KK dengan luas 2.014, 06 Ha yang tersebar di Desa Tanjung Beringin, Desa Talau, Desa Betung, Desa Batang Kulim, Kelurahan Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras, Desa Pesaguan,  Kelurahan Pangkalan Lesung Kecamatan Pangkalan Lesung.

PT. Musim Mas juga telah melakukan pembangunan Kebun Kas Desa untuk Desa Tanjung Beringin, Desa Batang Kulim, Desa Betung, Kelurahan Pangkalan Lesung masing-masing 5 Ha serta Kebun Kas Desa Talau baru realisasi 1 Ha (masih dalam pencarian lahan untuk tambahan kebun kas desa).

Masyarakat sangat merasakan dengan dibangunnya kebun Pola KKPA oleh PT. Musim Mas. Hal ini terukur dari tingkat pendapatan bersih masyarakat mencapai rata-rata 8 juta/bulan. Sebegitu tingginya pendapatan masyarakat dari pola KKPA PT. Musim Mas, saat ini banyak masyarakat/Desa mengajukan untuk penambahan pembangunan kebun pola KKPA ke PT.  Musim Mas termasuk diantaranya Desa Tanjung Beringin,ungkap Ibrahim.

Tokoh masyrakat Asli  kecamatan pangkalan kuras yang juga menjabat sebagai ketua Koperasi Merbau sakti H. Amir Syaripuddin, SE membenarkan bahwa PT. Musim Mas membangun kebun masyarakat dengan pola KKPA dan saat ini juga sedang pembangunan di Desa Betung dan Desa-Desa lain juga sedang diajukan ke PT. Musim Mas termasuk Desa Tanjung Beringin.

"PT. Musim Mas sudah membangun kebun masyarakat dengan Pola KKPA dan itu tersebar di beberapa Desa. Masyarakat sangat terbantu untuk dengan adanya KKPA ini, masyarakat dapat penghasilan rata-rata 8 juta / bulan. Saat ini juga perusahaan sedang melakukan pembangunan KKPA di  Desa Betung. Mudah-mudahan di desa lain juga segera menyusul" kata H. Amir  Syaripuddin, SE ketika dikonfirmasi awak media (16/07) disela-sela kesibukannya meninjau pembangunan KKPA di Desa Betung ,kecamatan pangkalan kuras kabupaten pelalawan - Riau.menyingung sejarah hadir nya pt musim mas di wilayah kecamatan ini,sabar pak wartawan, minggu ini kita duduk sama sambil minum kopi,biar lomak,saya akan cerita kan dari awal sampai akhir sejarah berdiri nya perusahaan ini,tapi mohon pak wartawan menulis nya dan di muat di media on line dan cetak,biar jelas semua nya.tegas Tokoh Asli masyarakat asli ( bukan kaleng - kaleng )kecamatan pangkalan kuras ini.H.Amir Syarifudin.SE.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Koperasi Rawa Tengkuluk   H. Bustami Ketika dikonfirmasi di kediaman nya ,Selasa (16/07).menyampaikan bahwa pembangunan KKPA sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ya sangat bermanfaat dengan adanya KKPA yang dibangun oleh PT. Musim Mas, ekonomi masyarakat semakin meningkat. Kita berharap pola KKPA ini terus dijalankan oleh PT. Musim Mas" tuturnya. 

Sementara untuk pendapatan Desa dari kebun Kas Desa mencapai 10-15 juta/bulan dan bahkan bisa mencapai 30 juta ketika muasim panen puncak kelapa sawit. Tentu hal ini dapat menambah biaya-biaya operasional yang dibutuhkan masing-masing desa,ucap H.Bustami. [TN/Dian]

RedaksiTN