Ekbis

Mendobrak Mitos Network Marketing : Penjualan Global Atomy Mendekati 1 Trilliun Won, dengan produk b

Redaksi TN | Kamis, 05 April 2018 - 15:22:11 WIB | dibaca: 4436 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Sering dikatakan bahwa landasan kesuksesan bisnis distribusi adalah dengan menawarkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga kompetitif. Kedua faktor tersebut sangat penting sehingga perusahaan distribusi barang ke konsumen tidak dapat memenangkan hati konsumen tanpa keduanya. Atomy adalah teladan bagi perusahaan pemasaran jaringan yang telah mencapai pertumbuhan yang luar biasa sejak di dirikan tahun 2009 dengan menggunakan strategi (Absolute Quality Absolute Price) . Dan baru-baru ini Atomy mencetak sejarah baru dengan melahirkan 1 orang Imperial Master yang pertama, merupakan peringkat tertinggi yang diberikan kepada anggotanya yang telah mencapai total penjualan yang signifikant. Pemasok terbesar Atomy Kolmar BNH juga mencapai penjualan dalam 52-minggu tertinggi dengan peluncuran produk perawatan kulit terbarunya. Atomy sebagai Perusahaan muda yang baru berusia 8 tahun ini dengan cepat mendekati angka penjualan 1 triliun won dan menutup kesenjangan dengan cepat pada pesaing terbesarnya, Amway.
 
  

Atomy benar-benar mematuhi prinsip mereka yaitu menyediakan produk-produk berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. “Harga Mutlak, Kualitas Mutlak” adalah slogan perusahaan yang ditujukan untuk mencerminkan prinsip ini. Atomy juga mengaitkan pertumbuhan eksplosifnya dengan menjadikannya sebagai perusahaan Network Marketing terkemuka di Korea dengan produk-produk berkualitas premium dengan harga yang bersaing. Atomy bekerja sama dengan lebih dari 50 “anggota tim” (Atomy mengalamatkan semua pemasoknya menggunakan istilah ini karena percaya pada kerja tim yang kuat oleh pemasok dan distributor untuk hasil terbaik) yang memasok lebih dari 200 jenis produk ke perusahaan. Atomy telah memangkas semua jalur distribusi dengan menyediakan produk langsung kepada konsumen (Tanpa perantara). Perusahaan juga tidak terlibat dalam proyek advertising, atau menggunakan jasa iklan karena percaya bahwa pemasaran dari mulut ke mulut oleh konsumen yang menggunakan produknya adalah strategi yang paling efektif yang dapat mereka gunakan.

Produk Best Seller Atomy termasuk HemoHIM, yaitu suplemen kesehatan fungsional untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan Skincare atau produk Perawatan Kulit 6-System. Penjualan dari produk-produk unggulan ini masing-masing telah melampaui US $ 118 juta dan US $ 127 juta, menempatkan Atomy berada dekat dengan Amway, sebuah perusahaan pemasaran jaringan yang terbesar dan tertua di Korea.

Atomy memastikan setiap pemasoknya memasok satu kategori produk ke Atomy. Perusahaan tidak menggunakan strategi satu produk-banyak-vendor, dan juga secara aktif mendukung upaya anggota timnya dan investasi jangka panjang untuk mengembangkan produk yang lebih baik. Dengan jaringan distribusi yang kuat dan strategi kolaborasi win-win, Atomy adalah mitra pilihan bagi banyak perusahaan.

Pada bulan September, Atomy dan Kolmar BNH meluncurkan lini perawatan kulit baru “Absolute CellActive Skincare”. Produk ini telah dikembangkan untuk mendukung proses perbaikan alami kulit untuk mengembalikan penampilan muda, dan diformulasikan menggunakan rasio optimal bahan anti penuaan premium. Ini lini produk anti-penuaan terobosan terbaru, termasuk toner (150ml), lotion (135ml), ampul (40ml) dan krim (50ml), dan setiap item dengan harga di bawah US $ 36 yang membuat mereka 2 sd 20 kali lebih murah daripada produk perawatan kulit antiaging lainnya yang tersedia di pasaran. Permintaan Absolute CellActive Skincare terjual lebih dari 300.000 set hanya dalam bulan pertama setelah peluncurannya.

Atomy bukan satu-satunya pemenang dari peluncuran produk baru ini. Kolmar BNH, pemasok Absolute CellActive Skincare juga menikmati rekor penjualan tinggi dari lini produk barunya. Setelah peluncuran Absolute CellActive Skincare, harga saham Kolmar BNH naik ke 52- minggu rekor terbaru (US $ 31,32 pada 17 Oktober). Harga saham terbaru perusahaan berkisar antara US $30,10 dan US $31.

“Lini produk terbaru Kolmar BNH, Absolute CellActive Skincare didistribusikan oleh klien terbesarnya, Atomy, pada titik harga yang 1,5 kali lebih tinggi dari produk perawatan kulit generasi pertamanya, Skincare 6 System”, kata Ms Yang Ji Hye, seorang analis dari Meritz Securities. “Berkat popularitas lini produk barunya, pendapatan kuartal ketiga Kolmar BNH diprediksi mencapai US $13 juta, meningkat 80,1% dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Kami juga memperkirakan Kolmar BNH akan menghasilkan sekitar 88,6% peningkatan pendapatan sebesar US $ 101 juta, ”tambah Ms Yang.

8 Tahun Sejak di Luncurkan, Mimpi Besar Atomy Menjadi Kenyataan
 
  
 
Atomy tetap berada di depan sebagai Perusahaan Network Marketing terbaik di Korea dengan meraih puncak dengan penjualan (US $ 963 juta berdasarkan laporan keuangan perusahaan 2016), dengan tingkat produk yang di kembalikan (0,15%). Pertumbuhan penjualan Atomy yang eksplosif jauh melampaui tingkat pertumbuhan Amway, pesaing terbesar Atomy di Korea. Apa rahasia pertumbuhannya yang dramatis? Selain strategi “Absolute Price, Absolute Quality” dari Atomy, jawabannya terletak pada distributor yang berperan besar di lapangan

Pada tanggal 13 Oktober, Atomy menyelenggarakan Success Academy, sebuah seminar pendidikan yang diadakannya secara rutin untuk para anggotanya, di KINTEX Exhibition Hall 2 yang berlokasi di Ilsan, Gyeonggi-do, Korea. Ruang yang menggabungkan dua ruang raksasa dipenuhi dengan lebih dari 15.000 anggota Atomy. Success Academy juga dihadiri oleh CEO Park Han Gil. Acara akbar ini memiliki arti khusus bagi perusahaan ketika Atomy akan menyaksikan kelahiran Imperial Master yang pertama. Anggota yang pertama mencapai peringkat tertinggi di Atomy ini adalah Ms Park Jeong Soo. Selama pidatonya, Imperial Master Park mendorong para anggota untuk tekun dengan tekad, kesabaran, keyakinan dan keinginan kuat untuk berhasil (Peringkat di Atomy dibagi menjadi 7 kategori, yaitu Master Penjualan, Master Diamond, Sharon Rose Master, Master Bintang, Master Royal, Mahkota Master dan Imperial Master, Imperial Master adalah Peringkat tertinggi yang diberikan kepada seorang anggota dengan memiliki Empat Crown Masters yang menerima masing-masing Komisi Sebesar Rp615Juta / bulan.

Sejak awal Atomy berdiri, CEO Park berjanji kepada anggotanya bahwa ia akan memberikan hadiah uang tunai sebesar $ 892.000 (12 miliar rupiah) kepada Master Imperial pertamanya. Janji luar biasa ini dibuat karena mereka tahu Imperial Mastership adalah peringkat yang sangat tinggi untuk dicapai. CEO Park menepati janjinya dengan menyerahkan hadiah uang tunai di atas forklift ke Imperial Master Park di atas panggung. Upacara menandai momen bersejarah yang mencerminkan pertumbuhan luar biasa Atomy yang dengan cepat menutup selisih penjualan 1 triliun won.

Selama acara Success Academy, CEO Park berbagi dengan anggota Atomy tentang cita-citanya untuk menjadikan Atomy sebagai perusahaan distribusi global teratas. “Saya sangat terbawa emosi. Saya merasa bahwa ini adalah awal yang nyata untuk Atomy. Di USA saat ini, perusahaan pemasaran jaringan seperti Amway dan Avon sedang beroperasi secara aktif. Atomy akan melampaui batasan pasar mereka dan memimpin industri. Saya yakin CEO Atomy USA kita suatu hari nanti dapat menjadi ketua Asosiasi Penjualan Langsung di Amerika. Ini bukan mimpi yang mustahil. Ketika kita sampai di sana, anda semua yang ada di sini bisa menjadi Imperial Master ”kata CEO Park.

Atomy mengepakkan sayapnya di panggung global

Atomy adalah perusahaan pemasaran jaringan Asli Korea pertama yang bertumbuh secara global. Atomy mendirikan kantor di Seattle pada bulan Mei 2010, hanya satu tahun setelah dimulai di Korea pada tahun 2009. Pada Juni 2011, Atomy memasuki Jepang. Saat ini, Atomy hadir di 10 negara di seluruh dunia termasuk Kanada, Taiwan dan Singapura. Penjualan di luar negeri perusahaan telah melonjak 30kali lipat dari US $4 juta pada 2010 menjadi US $ 115 pada tahun 2016. Pertumbuhan jumlah anggotadi luar negeri juga telah meningkat sangat tajam dengan melebihi 1 juta member tahun lalu. Di atas pencapaian ini, Atomy, untuk pertama kalinya dalam sejarah industri pemasaran jaringan Korea, menerima Penghargaan Ekspor Top $30 juta pada tahun 2016.– “Produk berkualitas harus selalu menjadi pusat pengembangan pasar luar negeri. Ini adalah tugas Atomy dan tujuan saya untuk terus mengembangkan produk hebat yang dapat dijual secara global, ”tegas CEO Park.

Menurut Korea Fair Trade Commission (KFTC), industri pemasaran jaringan Korea menempati peringkat ke-3 di dunia, dengan ukuran pasar sebesar US $ 4,7 miliar. Dari US $ 1,6 miliar pada tahun 2007, industri telah tumbuh rata-rata 9,9% per tahun selama dekade terakhir. Network marketing adalah bisnis distribusi yang sah yang diakui oleh hukum di mana perwakilan independen menjual barang dari perusahaan ke konsumen akhir.

meskipun banyak orang menganggap bisnis ini sebagai permainan uang atau skema piramida karena anggapan yang buruk di asosiasi dengan bisnis pemasaran jaringan. Model bisnis ini populer di negara-negara seperti Amerika Serikat di mana istilah “pemasaran jaringan” bukan piramida sering digambarkan sebagai sebuah bisnis. Mereka juga menganggap pemasaran jaringan sebagai pilar pertumbuhan penting bagi industri di suatu negara.

Atomi berkembang bahkan dalam masa resesi. Laju pertumbuhan penjualan Atomy mencapai 11,6%, sementara banyak pesaingnya berjuang untuk mencapai pertumbuhan satu digit. Pada tahun 2016, jumlah anggota naik menjadi 2,8 juta, meningkat 13,17% dari catatan tahun sebelumnya. Tingkat ekspansi keanggotaan Atomy juga telah melampaui industri ini sejak 2013.

Program pendidikan profesional yang secara teratur diselenggarakan oleh Atomy juga memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan perusahaan. Tidak seperti banyak bisnis pemasaran jaringan lainnya di mana masing-masing perwakilan melakukan sesi mereka sendiri untuk mendidik anggota dalam bisnis, Atomy mengatur berbagai program pendidikan dan menyediakan anggotanya dengan berbagai alat bisnis melalui saluran online dan offline yang menghasilkan biaya startup yang rendah untuk anggotanya.

“Perusahaan kami bertanggung jawab untuk menyelenggarakan seminar pendidikan, para anggota tidak perlu berinvestasi dalam program terpisah. Seminar memberikan informasi paling akurat tentang bisnis perusahaan dan juga memungkinkan kami untuk lebih memahami prinsip dan arahan utama Atomy. Mengikuti pelatihan di Atomy dengan tekun juga telah mengubah pendapat saya tentang pemasaran jaringan ”, komentar seorang anggota Atomy yang menghadiri Akademi Sukses Atomy pada bulan Oktober.

“Atomy mencatat ulang sejarah industry network marketing” adalah slogan yang dikemukakan oleh Atomy sejak didirikan. Saat ini, perusahaan pemasaran jaringan yang bernilai jutaan dolar ini hidup sesuai dengan semboyan ini, memperluas kerajaannya di luar pasar domestiknya. Pakar industri memperkirakan bahwa total penjualan tahunan Atomy akan mencapai 1 triliun won (penjualan domestik: US $ 820 juta / penjualan luar negeri: US $ 182 juta). [TN/aL]

RedaksiTN