Otonomi

Menyambung Lidah Masyarakat, Lewat Karya Jurnalistik Membangun di Pengukuhan DPC AJOI Bengkalis

Redaksi TN | Selasa, 27 November 2018 - 12:16:03 WIB | dibaca: 32 pembaca

TopikNews (BENGKALIS) - Acara pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Kabupaten Bengkalis, berlangsung hikmat, Selasa (27/11/2018), di Gedung Daerah. 

Acara itu di hadiri langsung Ketua DPD AJO Indonesia Riau, Alexander Pranoto dan pengurus. Hadir juga muspida dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkalis, serta pengurus DPC AJO Indonesia kabupaten/kota se Riau. 

Dalam sambutannya Ketua DPC AJOI Bengkalis, Efendi Basri  mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini. 

Efendi Basri menambahkan, dirinya berjanji akan membangun Bengkalis, lewat karya-karya jurnalistik media online, dan menangkal berita Hoax.

Sementara itu Ketua DPD AJOI Riau, Alexander Pranoto menyampaikan, kehadiran organisasi AJOI ini bertujuan memberi kesejahtraan bagi para wartawan termasuk pemilik media.

Selain itu, AJO Indonesia hadir guna menangkal sejumlah berita Hoax, karena itu lah salah satu tujuan AJOI berdiri.

Kemudian dapat menyambung lidah masyarakat dalam menyuarakan kebenaran dapat menjadi garda terdepan untuk bersama membangun negeri junjungan.

"Dalam dunia jurnalistik di era digital saat ini. Media online telah menjelma menjadi media strategis untuk menyampaikan informasi secara cepat namun tetap berdasarkan etika jurnalsitik serta ketepatan data dan prinsip keberimbangan berita"jelasnya.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dalam sambutannya diwakilkan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) , Johan Syafri memberi apresiasi atas pelantikan DPC AJO Indonesia Bengkalis. 

Johan juga menyampaikan, keberadaan DPC AJO Indonesia Bengkalis dapat memberikan stimulus dalam membangun semangat baru untuk memfilter dan meningkatkan keprofesionalisme profesi jurnalistik.

Dia berharap dapat menjaring keprofesionalisme kerja dari rekan-rekan wartawan, dalam memberikan edukasi pemberitaan positif yang mencerdaskan masyarakat dengan bekerjasama bersama pemerintah.

"Kami pada dasarnya sangat menyambut baik dan apresiasi pelantikan ini. Keberadaan AJO Indonesia, khususnya DPC AJO Indonesia Bengkalis, diharapkan dapat saling bersinergi bersama pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat yang tak lepas dari kontrol sosial," ujarnya.

"Kami tidak antipati dengan kritik membangun dan memberikan solusi. AJOI Bengkalis diharapkan mampu mencerdaskan masyarakat,"ujarnya menambahkan.

Johan menyebutkan, AJO Indonesia diyakininya bisa berpedoman dalam undang-undang yang berlaku. Yang mana dalam menyampaikan pemberitaan, dan hindari sumber dan narasumber tidak kredibel.

Serangkaian dalam kegiatan pengukuhan ini dilaksanakan juga pemberian santunan kepada anak yatim piatu, dan seminar. [TN/aL]

RedaksiTN