Ekbis

OJK Provinsi Riau Menggelar Media Gathering Bersama Wartawan

Redaksi TN | Jumat, 29 November 2019 - 16:18:08 WIB | dibaca: 18 pembaca

TopikNews.com, (PEKANBARU) - Jumat (29/11/2019) pagi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau melaksanakan kegiatan media Gathering dengan sejumlah awak media mulai dari media elektronik, Online dan cetak yang berada di kota pekanbaru. Acara ini berlangsung di Ball Room Hotel Premiere kota Pekanbaru.

Sebagai modirator dalam kegiatan ini dibawakan oleh ibu vera yang merupakan wartawan senior dari Antara, dan nara sumbernya pak Erwin dari kasubag edukasi perlindungan konsumen OJK dan pak Rangga.

Elvira Azwan sebagai Deputi Direktur pengawasan OJK Riau yang mewakili kepala OJK Yusri mengatakan, kegiatan hari ini yang kita laksanakan untuk menjalin silaturahmi bersama media.

Peran media sangat penting untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait tugas OJK "Kami sangat sadar perlunya sinergi positif antara OJK dengan media dalam menjalankan tugas dengan baik, kata Elvira. Lanjutnya, Media diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi OJK," ungkapnya.

Dia juga mengaku OJK sangat terbantu oleh media selama ini dalam menjalankan tugas pengawasan dan edukasi di Riau. 

"Kami juga selalu terbuka menerima saran dan kritik untuk memperbaiki diri dalam menjalankan tugas demi terwujudnya OJK yang dirindukan masyaraka, tutupnya

Ada tiga Tugas dan fungsi OJK, kata Erwin saat memberikan penjelasan, tiga itu adalah, 1 mengatur, 2 mengawasi dan 3 melindungi para lembaga jasa keuangan seperti, Industri keuangan, Leasing, Pengadaian, Dana pensiun, Pasar Modal dan Lembaga keuangan mikro. Dimana sekarang lagi rame seperti Gojek, Pinjaman online dan Lainnya.

OJK juga kan tergabung dalam asosiasi waspada investasi, hal ini yang membuat fungsi kita juga jadi semakin luas, hanya memang kewenangan kita tetap terbaca mungkin Bapak Ibu juga sudah tahu kita ada gabungan ada kepolisian agar kerja di Kementerian Agama diskominfo Bank Indonesia dan lembaga lainnya.

Nah ini kan mungkin yang rame juga masalah investasi ilegal atau bodong, OJK tempat perlindungan ada dua jenis perlindungan yaitu Preventif dan Reprensif. kita melakukan yang namanya edukasi itu prasasti edukasi lalu juga kita melakukan market simpel aja kita ada tim kita yang nyamar jadi konsumen masuk ke salah satu pelaku usaha jasa keuangan kalau memang ada praktek praktek industri jasa keuangan yang mencurigakan lansung kita lakukan pemanggilan, kata erwin.

"Ya peran media didalam pengawasan memang sangat kita perlukan apalagi OJK tidak bisa sendiri dalam melakukan pengawasan". Ucapnya.

Selanjutnya ia mengatakan media sangat mempunyai akses dalam menjangkau masyarakat luas didalam menyebarluaskan informasi yang kita sampaikan. Saya berharap kedepannya OJK dan media dapat besinergi dalam melakukan pengawasan dan melindungi konsumen lembaga jasa keuangan."tutup Erwin (ml.tnc)