Otonomi

Panwaslu Gelar Sosialisasi, Untuk Menjaga Netralitas TNI

Redaksi TN | Selasa, 13 Februari 2018 - 09:52:36 WIB | dibaca: 132 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Bertempat di Kantor Aula Makodim 0301/Pekanbaru, jalan Ahmad Yani, Panwaslu menggelar acara Sosialisasi netralitas TNI dalam rangka Pilkada Serentak Tahun 2018, yang diselenggarakan Senin (12/02/18).

Dihadiri Dandim 0301, para Danramil serta staf dan jajaran Kodim, Yasri Yakub Tambusai, selaku koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lemabaga Panwaslu, Hijrah Fitria, Yanis Prima, Staf Panwaslu Pekanbaru dan seluruh Prajurit, PNS Kodim 0301/Pekanbaru

Dandim 0301/Pekanbaru menyampaikan, Panwaslu diharapkan memberi petunjuk arahan kepada anggota TNI berhubungan dengan menjelang Pilkada 2018.

"Kami sudah mempunyai buku saku tentang Netralitas TNI berhubungan dengan adanya salah satu Calon mantan TNI (Mantan Danrem 031/WB) untuk itu kami tetap Netral seperti yang ada pada buku saku tentang Netralitas TNI," ujarnya.

Sementara Yasri Yakub Tambusai, selaku Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu menyampaikan pihaknya mempunyai wewenang untuk memberikan sosialisasi tentang Netralitas TNI.

Perlu untuk mensosialisasikan sesuai dengan UU Pemilu dan Pikada No. 10  Tahun 2016 dan UU No. 34 Tahun 2004 tentang jati diri TNI yang tidak boleh berpolitik praktis karena tidak jamannya lagi dan TNI sebagai Alat Pertahanan Negara.

"Kami meminta kepada anggota TNI agar Netral dalam Pilkada sehingga hubungan kita akan lebih baik lagi kedepannya," pesan Yasri. [TN/***]

RedaksiTN