Olahraga

MotoGP

Pebalap MotoGP Banting Helm NHK Buatan Indonesia

Redaksi TN | Kamis, 22 Februari 2018 - 22:33:40 WIB | dibaca: 134 pembaca

Karel Abraham mengalami kesulitan dalam tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Buriram, Thailand.

TopikNews (JAKARTA) - Pebalap MotoGP yang memperkuat tim Angel Nieto, Karel Abraham, menjadi viral di media sosial setelah berusaha menguji kekuatan helm buatan Indonesia dengan cara membantingnya.

Abraham merupakan salah satu pebalap berpengalaman di MotoGP. Pebalap asal Republik Ceko itu sudah tampil di kelas primer Grand Prix sejak 2011, meski prestasinya tidak terlalu mengilap. Finis terbaik Abraham di MotoGP adalah posisi tujuh di empat balapan, termasuk di GP Belanda musim lalu. 

Musim ini Abraham memiliki sponsor helm yang berbeda setelah kontrak produsen helm asal Jepang, NHK. Sebelumnya, pebalap 28 tahun itu menggunakan helm Arai.

Di sela tur ke Indonesia, Rabu (21/2), Abraham bersama pebalap Moto2 Jules Danilo sempat mengunjungi pabrik NHK. Dalam kesempatan itu Abraham berusaha menguji helm NHK dengan membantingnya.

Abraham mengaku kagum dengan kekuatan helm yang dibuat di Indonesia itu. Pasalnya, setelah tiga kali dibanting helm tersebut tidak mengalami kerusakan.

Abraham sendiri meraih hasil kurang memuaskan pada tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Buriram, Thailand, akhir pekan lalu. Mantan pebalap AB Motoracing itu secara keseluruhan hanya berada di posisi 23, terpaut hingga 1,8 detik dari Dani Pedrosa [Repsol Honda].
 
  

"Kami kesulitan tampil cepat. Saya tidak tahu apa masalahnya, tapi kami harus menurunkan waktu hingga satu detik. Kami harus bekerja keras untuk meningkatkan performa di Qatar. Kami harus siap untuk tes terakhir dan tentunya balapan," ujar Abraham usai tes di Sirkuit Buriram.

Di MotoGP 2018, Abraham akan kembali menjadi rekan setim Alvaro Bautista di tim Angel Nieto. Sebelumnya, tim yang diperkuat Abraham dan Bautista bernama Aspar dan memutuskan untuk mengganti nama untuk menghormati legenda balap asal Spanyol, Angel Nieto.

Tes pramusim terakhir akan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar pada 1-3 Maret 2018. Balapan pertama MotoGP 2018 akan digelar di sirkuit yang sama pada 18 Maret mendatang. [TN**]

RedaksiTN