Advertorial

Pekanbaru Menjadi Tuan Rumah HUT Damkar, Satpol PP, dan Linmas Se Indonesia

Redaksi TN | Kamis, 07 Maret 2019 - 09:40:57 WIB | dibaca: 135 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Puncak Peringatan Hulang Tahun Damkar ke 100, Satpol PP ke-69, dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional yang dilaksanakan di Kota pekanbaru rabu (06/03/2019) pagi dilapangan Stadion kaharudin Nasution rumbai dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Peringatan ini sebagai momentum untuk meneruskan dedikasi perjuangan mewujudkan ketenteraman, keamanan, serta ketertiban bagi masyarakat. Hal ini dikatakan Mendagri saat menjadi Inspektur Upacara yang dilaksanakan di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kemendari RI, Gubernur Riau, Kapolda Riau diwakili Wakapolda Riau, Kajati Riau, Ketua DPRD Provinsi Riau, Danrem 031/WB, Danlanud Roesmin Nurjadin diwakili Kadis Ops. Danlanal Dumai diwakili Palaksa, Kabinda Riau, Sekda Prov. Riau Serta beberapa Bupati/Walikota se indonesia.turut hadir, kapolresta pekanbaru,kepala dinas Damkar se-indonesia, kasatpol PP se-indonesia dan para undangan lainnya

Peringatan hari ulang tahun Damkar,Satpol PP dan satlinmas tahun 2019 diwarnai dengan berbagai penampilan antraksi, seperti yang dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Rokan Hulu, antraksi senam menggunakan alat Damkar oleh satuan Damkar kota Pekanbaru serta paralayang.
 
  
 
“Tentu hal ini tidak hanya dijadikan sebagai forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi, dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat’’, kata Tjahjo.

Tjahjo juga mengajak peserta upacara Peringatan HUT ke-100 pemadam kebakaran, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas, dan bupati/walikota seluruh lndonesia yang hadir untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

Menurutnya, Peran penting damkar, Satpol PP, dan Satlinmas tercermin dari tugas serta tanggung jawabnya. Tugas damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran; pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada; menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat, dan Satuan perlindungan masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara,” ucapnya.

Dikesempatan itu juga Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengajak masyarakat untuk menjaga kualitas penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019. Pasalnya, Pemilu merupakan puncak indikator kualitas penyelenggaraan demokrasi lndonesia sesuai dengan asas Pemilihan Umum, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, serta bermartabat. “ Mari bersama-sama kita jaga kualitas penyelenggaraan Pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah demokrasi, jujur dan adil serta bermartabat.


Tjahjo juga mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara tetap menjaga netralitasnya di tengah tugas yang diembannya. “saya ingatkan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara harus menjaga netralitas dalam proses Pemilihan Umum ini. Netralitas seluruh Aparatur Sipil Negara akan turut mempengaruhi berjalannya seluruh proses demokrasi sesuai dengan ketentuan,katanya.

Sebagai tuan rumah, Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST. MT menyambut gembira dengan terlaksananya acara HUT Damkar ke-100, Satpol PP-69, dan Linmas-75 tahun 2019 tingkat nasional di Kota Pekanbaru berjalan dengan aman “Alahamdulillah kegiatan berjalan dengan aman, dan lancar,’’ dan dipercaya menjadi tuan rumah HUT Damkar, ucap Firdaus.

Kita juga dapat kehormatan dengan hadirnya pak Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo kumolo untuk datang memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun Damkar ke-100, Satpol PP ke-69, dan Linmas ke-75 tahun 2019 tingkat Nasional di Kota pekanbaru dan kita senang karena banyak tamu dari sejumlah daerah di nusantara hadir dalam kegiatan ini. 

Sebelum kegiatan ini, kita telah melaksanakan Sejumlah kegiatan dalam rangkaian HUT Damkar,ke-100, Satpol PP ke-69, dan Linmas ke-75 tahun 2019, kegiatan yang kita laksanakan
Di antaranya jalan sehat di arena Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dan skill competition personel Damkar, Rakornas Damkar, Satpol PP dan Satlinmas hingga bazar di areal Stadion Kaharuddin Nasution, kata firdaus.

Kesempatan itu, kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pekanbaru, Burhan Gurning juga mengaku puas kegiatan tersebut bisa terselenggara dengan baik. “Acara ini sudah berlangsung dengan baik, meski pun ada kekurangan disana sini. Tapi dari makna yang kita ambil seratus tahun pemadam kebakaran ini sudah banyak bawa perubahan ke seluruh Indonesia. Ya, bagaimana bekerja di lapangan dengan taruhan nyawa sesuai dengan slogan kita pantang pulang sebelum padam.

mereka mempersiapkan diri dengan baik termasuk juga ketangkasan mereka. Ini akan memberikan semangat baru bagi ksatria biru Pekanbaru,” jelasnya.

berbagai atraksipun dilakukan, Ada yang menampilkan atraksi beladiri, hingga atraksi memecahkan sejumlah material. Mereka memecahkan material seperti genteng, batako hingga membuat kawat besi bengkok dengan leher. Ada juga yang mematahkan kawat baja. Tidak hanya itu, para praja juga melakukan lompatan harimau. Para personel Satpol PP melompat di antara lingkaran api. aksi mereka mendapat sambutan yang luar bias dari para hadirin. [TN/adv]

RedaksiTN