Otonomi

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Ad-Dakwah oleh Bupati Rohil

Redaksi TN | Senin, 12 Februari 2018 - 22:16:16 WIB | dibaca: 162 pembaca

TopikNews (ROHIL) - Cuti kampanye sudah diambang pintu tertanggal 15 Februari atau masa kampanye Bupati Rohil menyerahkan tahtanya kepada Wabup. Salah satu rangkaian kegiatan terakhirnya sebagai Bupati, Suyatno meletakkan batu pertama prmbangunan Masjid Ad Dakwan di Batu Empat ,Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko, Minggu (11/02/18).

Masjid yang letaknya strategis ini diperluas bangunannya karena sebelumnya bangunan  kecil sementara jamaah selalu ramai. Untuk itu pihak pengelola dan masyarakat sepakat membangun majsid baru dengan anggaran mencapai  Rp 1 Milyar.

Tahap awal terkumpul dana Rp 60 juta yang bersumber dari kas Masjid dan sumbangan masyarakat. Untuk itulah dilakukan peletakan Blbatu pertama untuk selanjutnya dimulai pembangunan pondasi.

Dalam kesempatan itu Bupati didampingi anggota DPRD H Bahtiar,SH dan juga Sekda Rohil Drs H Surya Arfan M serta puluhan masyarakat mengungkapkan apresiasi atas sumbangsih warga untuk pembangunan masjid ini. "Saya senang mendengar hal yang luar biasa bisa terkumpul dana 60 juta dan kita paati bantu baik dari pribadi maupun dari anggaran," kata Suyatno.

Bupati pun langsung memplot dana Rp 150 juta yang bersumber dari CSR Bank Riau Kepri. Selanjiutnya Bupati dan Sekda juga memberikan sumbangan pribadi sebesar Rp.10 juta. 

"Dalam APBD-P akan kita masukan juga anggarannya Rp 500 juta dan harapan kita bisa terealisasi dan pembangunannya bisa segera tercapai," kata Suyatno.

Masjid Al Dakwah saat ini berukuran 12mx12 m akan dibangun lebih besar dengan ukuran 16x16 m yang lahannya merupakan milik Lembaga Dakwah Indonesia (LDI) Kabupaten Rokan Hilir.  Dulunya merupakan Musholla dan tahun 2004 diresmikan menjadi Masjid.Seiring waktu berjalan jamaah semakian ramai baik maayarakat tempatan maupun orang yang singgah untuk solat berjamaah.

Sekretaris Masjid Ad Dakwah, Zaini mengatakan untuk Bulan Ramadahan dan solat Idul fitri dan Idul Adha serta sholat humat pengurus harus memasang tenda karena terbatasnya ruangan Masjid.

"Paling lama target kita 2020 nanti kalau bisa ya lebih cepat lagi sehingga impian masyarakat bisa terwujud," kata Zaini.

Peletakan batu pertama langsung dilakukan Bupati H Suyatno diikuti oleh anggoga DPRD H Bahtiar dan Sekda Rohil dengan mengecor batu bata dengan semen yang telah disediakan. Dilokasi juga sudah tampak akan dimulainya pembangunan karena sudah adanya beberapa material yang sudah disiapkan pengurus Masjid . [TN/Dirman]

RedaksiTN