Otonomi

Pesta Sungai Bokor 2017 Resmi di Buka

Redaksi TN | Minggu, 24 September 2017 - 11:57:40 WIB | dibaca: 294 pembaca

TopikNews (MERANTI) - Meski Keadaan hujan, Bukan jadi penghalang bagi pegiat Seni Sanggar Bathin Galang dan Pelaku Seni Seluruh Nusnatara bahkan Manca Negara ikut memeriahkan Helat Pesta Sungai Bokor Tahun 2017 di gelar di Desa Bokor.

"sebagai Desa Wisata Budaya sudah selayaknya, Desa Bokor ini dengan seluruh kemampuan sumber daya manusia,Sumber alamnya harus mampu untuk berbuat dan menyuguhkan atraksi seni budaya,"ujar Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Irwan Msi yang di bacakan Staf Ahli Bidang Admistrasi umum dan Politik Drs Askandar pada pembukaan Pesta Sungai Bokor Sabtu (23/9) Malam di Lapangan Bola Desa Bokor. 

Askandar juga mengatakan kegiatan budaya ini, harus dapat di lestarikan, ditumbuh kembangkan dan di promosikan, buat mengisi pembagunan desa wisata budaya, sebab kegiatan wisata salah satunya yang sanggat penting adalah pengembangan desa wisata. kata Askandar. 

"Dalam Pembagunan desa wisata pemerintah hanya memfasilitasi, perencana dan perencanaan konsep pembagunan wilayah desa wisata Budaya,untuk Bokor ini,"ungkap dia. 

Tambah Askandar melalui  Satuan Kerja Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, nantinya untuk dapat berkoordinasi dan melakukan pemberdayaan masyarakat, merevitalisasi seni budaya setempat pemberdayaan kuliner khas Desa Bokor, dan Kegiatan lain yang terkait kegiatan penguatan kepariwisataan Desa Bokor. Jelas Drs Askandar. 

Sementara itu, Sopandi Bathin Galang mengatakan saat memberikan sambutan mengatakan "pesta sungai Bokor iyalaah kerja sama masyarakat agar terciptanya desa kita yang maju, dan Alhamdulilah pembagunan di desa kita sudah berkembang pesat, "ucap Sopandi. 

"Kita juga akan membuat Iven Nasional Bokor World Musik, Kalau sebelumnya waktu pelaksanaannya dilakukan setiap bulan Juli,namun tahun ini dikarenakan buah-buahan tidak ada. Makanya kita undur jadi desember di musim buah," harap Sopandi.

Untuk di Ketahui bersama,dalam melaksanaan Pesta Sungai Bokor 2017 ini akan mengangkat tema, Yang sejalan dengan Visi Riau 2020. Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan bathin, di Asia Tenggara Tahun 2020.

Dijelaskan Sopandi Lagi,Beberapa permainan rakyat yang sering diadakan di Bokor antara lain, main senengkik, main gasing, main layang-layang, main kelereng. Kemudian ada lomba mancing senepak, dan lomba lari atas tual sagu yang telah memecah Rekor MURI tahun 2015 lalu.

Kata Sopandi,Guna mensukseskan lomba foto besoknya, Sanggar Bathin Galang akan menggandeng Riau Image. Bagi pecinta fotografi bisa berpartisipasi dalam iven tahunan yang tahun ini akan digelar tanggal 21 September 2017.Pelaksanaan Pesta Sungai Bokor 2017, kata Sopandi, terjadi pengunduran dari jadwal awal Bulan Juli 2017.tutup dia.

 Sekedar di Informasikan, Rencananya Pesta Sungai Bokor digelar tanggal 21 September 2017. Itu disebabkan musim buah-buahan tidak sesuai dengan prediksi awal.

Sopandi juga merupakan salah satu pemuda di Desa Bokor menjadi penggiat kebudayaan. Berbagai iven telah dilaksanakan di desanya. Tak tanggung-tanggung, iven yang pernah dibuat Sopandi untuk mempromosikan desa bukan hanya berskala nasional, tetapi internasional.

Untuk Pesta Sungai Bokor, telah diadakan sejak tahun 2011 yang lalu. Selain itu, ada juga iven musik bertaraf internasional yaitu Bokor World Music Festival (BWMF). Tak sedikit tamu-tamu dari luar negeri sampai ke Desa Bokor terutama mereka yang senang bermusik.

Terlihad hadir dalam pembukana Pesta Sungai Bokor Staf ahli Bidang admistrasi umum dan Polistik Drs Askandar Camat Rangsang Barat Drs Said Zamhur, Kades Bokor Amirullah, serta Mewakili Polres, Mewakili Danramil tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat yang hadir saat itu.


RedaksiTN