Otonomi

Pj. Bupati Bengkayang Turut Hadir Peresmian Rumah Retret Santo Yohanes Paulus II, Anjungan

Redaksi TN | Minggu, 25 Oktober 2020 - 14:09:37 WIB | dibaca: 51 pembaca

TopikNews (ANJUNGAN) - Dibangun sejak 29 Oktober 2017, tiga tahun berlalu, akhirnya hari ini, Sabtu, 24 Oktober 2020, Rumah Retret Santo Yohanes Paulus II diresmikan oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji.

Peresmian Rumah Retret yang dibangun dikawasan Goa Maria Ratu Pencinta Damai, Anjongan ini turut disaksikan oleh Yang Mulia Uskup Agung Pontianak, Anggota DPR-RI, Ketua DPRD Kalbar, Pangdam XII Tpr, Kapolda Kalbar, Danlanud, Dantamal, Bupati Mempawah, Landak, Pj. Bupati Bengkayang, Yohanes Budiman, S.IP.,M.Si dan tamu undangan lainnya.

Gubernur Kalbar dalam sambutannya mengatakan keberadaan rumah retret ini selain berfungsi sebagai tempat pembinaan iman, juga diharapkan mampu menjadi salah satu destinasi wisata rohani serta menjadi sarana yang bermanfaat bagi banyak orang.

Sementara, Uskup Agung Pontianak, Yang Mulia Mgr. Agustinus Agus, Pr menyebutkan pemilihan kawasan Goa Maria Anjongan sebagai lokasi pembangunan rumah retret memiliki beberapa alasan. Diantaranya, lokasi yang cukup strategis baik dari letaknya yang berada ditengah maupun kondisi alam yang cukup mendukung. Sejarah, dimana Goa Maria Anjongan ini merupakan Goa Maria tertua di Kalbar. 

Disamping itu, Uskup juga menyampaikan bahwa bangunan rumah retret terdiri dari :
 1 unit Aula dengan daya tampung 400 orang dan Kapel.
1 unit penginapan dengan 28 kamar.
1 unit penginapan dengan model rumah betang 10mx30m, 6 kamar.
1 unit penginapan dengan model rumah Tionghoa, 4 kamar.
1 unit rumah doa dengan model "lumbung" suku Dayak.
1 unit kamar makan dengan daya tampung 250 orang.
3 kamar untuk karyawan perempuan.
1 unit rumah dengan 2 kamar untuk karyawan laki-laki.

Selanjutnya, Uskup berharap agar rumah retret ini tempat pembinaan iman, destinasi wisata rohani, penyelenggara kegiatan, aset daerah dan gereja. Tidak lupa, Uskup juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur yang telah banyak membantu pembiayaan pembangunan. 

Penulis : Danil
RedaksiTN