Otonomi

PLBN Terpadu Jagoi Babang Segera Dibangun Jika Lahan Sudah Dibebaskan

Redaksi TN | Kamis, 19 November 2020 - 12:05:35 WIB | dibaca: 32 pembaca

TopikNews Bengkayang, Jagoi Babang - Konsultasi Publik Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan PLBN Terpadu Jagoi Babang, Rabu (18/11/2020) di Aula Kantor Camat Jagoi Babang dibuka oleh Pj. Bupati Bengkayang, Yohanes Budiman, S.IP.,M.Si. Selain membuka kegiatan, Pj. Bupati turut berperan sebagai moderator dalam pertemuan dengan para pemilik lahan dengan pihak pemerintah.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Bagian Pemerintahan Biro Pemerintahan Setda Kalbar, Drs. Toni Sunardi, M.Si, Perwakilan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalbar Dirjen Cipta Karya Kemen-PUPR, Reza Riska Pratama, ST.

Berdasarkan data yang disampaikan Camat Jagoi Babang, Radit, S.Sos, luas lahan yang akan dibebaskan adalah seluas 16.7 Hektar. Satu-satunya Camat Perempuan di Bengkayang ini berharap agar warga pemilik lahan yang terdampak lokasi pembangunan agar dapat mendukung upaya pemerintah mempercepat proses pembangunan PLBN sebagai beranda terdepan NKRI.

Pj. Bupati menambahkan dengan dibukanya PLBN diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat diperbatasan. Namun, Pj. Bupati juga mengingatkan agar warga setempat harus mampu mengembangkan kapasitas diri agar kedepan dapat bersaing.

Salah seorang warga Jagoi Babang yang berhasil diwawancarai, menyambut baik dengan rencana pemerintah membuka PLBN. Menurutnya, dibukanya PLBN berarti aktivitas ekonomi diperbatasan akan semakin ramai dan sudah tentu akan berdampak bagi peningkatan kesejahteraan warga. 

"Jika ada yang merasa dirugikan dengan pembukaan PLBN, saya kira itu hanyalah sekelompok orang saja atau oknum-oknum yang selama ini meraup keuntungan dari bisnis yang tidak resmi," ungkap warga tersebut.

Usai konsultasi publik, Pj. Bupati lanjut meninjau lokasi pembangunan PLBN didampingi Kepala BPPD dan Camat Jagoi Babang (danil)


Redaksi TN C