Otonomi

Plt Wako Launching Pemanfaatan Smart Card di Bandara SSK II

Redaksi TN | Kamis, 31 Mei 2018 - 15:49:53 WIB | dibaca: 63 pembaca

TopikNews (PEKANBARU) - Plt Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi melaunching pemanfaatan Smart Card Madani yang dilakukan sebagai alat pembayaran cashless di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Kamis (31/5).

Launching pemanfaatan Smart Card Madani atau kartu pintar madani ini sangat disambut baik karena dianggap sebagai langkah positif untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ekonomi digital secara efisien dan efektif.

Plt Wali Kota mengatakan diera serba pintar seperti yang dirasakan saat ini, penggunaan kartu sebagai alat pembayaran mengacu pada arah gaya hidup cashless society (hidup tanpa uang tunai) yang mempunyai banyak keuntungan.

Diantaranya, lebih praktis dan aman karena tidak harus membawa uang tunai, serta ekonomis karena pemakai tentunya akan mendapat keuntungan tersendiri.

"Peralihan transaksi dari tunai menjadi nontunai merupakan aturan dari Bank Indonesia (BI) sejak tahun 2009 lalu. Maka untuk mendorong transaksi uang elektronik tersebut, BI pada tahun 2014 sudah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT) sebagai bagian untuk mendukung rencana pemerintah dalam mencapai masyarakat digital ditahun 2020 melalui program 'Go Digital Vision 2020'," ujar Plt Wali Kota.

Terlebih dari itu, pemanfaatan kartu Smart Madani yang akan digunakan sebagai kartu cashless di Bandara SSK II ini perlu didukung dan disosialisasikan pelaksanaannya kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru.

"Nah, bagi masyarakat yang belum memiliki BNI Smart Madani ini silakan membuat kartu tersebut. Jadilah bagian dari masyarakat Pekanbaru yang mendukung arah pembangunan pemerintah untuk mewujudkan Pekanbaru sebagai kota pintar," imbau Plt Wali Kota. [TN/rls.aL]

RedaksiTN