Hukrim

Polsek Ukui Laksanakan Giat Patroli Karhutla sekaligus menyebarkan Maklumat Kapolda Riau Larangan Mebakar Hutan dan Lahan.

Redaksi TN | Senin, 14 September 2020 - 11:58:23 WIB | dibaca: 37 pembaca

Pelalawan (TN) Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Polsek Ukui jajaran polres pelalawan terus mengoptimalkan kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan menyebarakan maklumat kapolda riau tentang larangan membakar hutan dan lahan seeta patroli daerah-daerah rawan karhutla

Bripka Alex Putra S.H yang merupakan Bhabinkamtibmas Desa Air Hitam Polsek Ukui melaksanakan patroli bersama dengan MPA (Masyarakat Peduli api pada daerah-daerah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, seperti daerah gambangan, AM dan tempat-tempat rawan karhutla lainya. Senin, 14/9/2020.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas menyampaikan kepada warga agar tidak membakar lahan, termasuk ketika saat hendak bercocok tanam. Pada kesempatan itu Bhabinkamtibmas juga turut membagikan maklumat Kapolda Riau tentang larangan membakar hutan maupun lahan.

Kapolsek Ukui AKP Rifendi S.Sos.,M.Si saat di konfirmasi membenarkan perihal kegiatan tersebut " Ya benar kegiatan patroli daerah rawan karhutla, setiap hari kami laksanakan, baik melalui bhabinkamtibmas tiap desa maupun personil polsek ukui lainya, hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya kebakaran, pendeteksian dini, sehingga memudahkan kami untuk mengantisipasi atau menanggulangi terjadinya kebakaran.

"Teknisnya dilapangan ya, karena kan yang namanya api itu muncul tidak secara tiba-tiba, pasti dari faktor manusia, ya ada yang sengaja dan tentu juga ada yang tidak sengaja seperti saat memancing kemudian bakar ikan, puntung rokok dan lain-lain yang jelas semuanya faktor manusia.
Untuk itu setiap anggota saya tekankan agar melakukan pencegahan karhutla baik berupa sosialisasi, edukasi, bahkan penindakan sekalipun bila diperlukan"

Harapanya, wilayah ukui tidak lagi menjadi penyumbang asap seperti tahun-tahun sebelumnya." Tegasnya.


By : DIAN.