Otonomi

Putra Soropia Lolos Seleksi Adm Calon Kepala Sekolah Luar Negeri, Milwan Siap Bersaing Tahapan Selanjutnya

Redaksi TN | Rabu, 16 September 2020 - 23:34:24 WIB | dibaca: 326 pembaca

TopikNews (KONAWE) - Seleksi administrasi (adm) merupakan rangkaian tahapan penerimaan calon kepala Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Perekrutan calon kepala SILN bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kepala sekolah Indonesia di luar negeri periode semester II tahun ajaran 2020 dan semester I tahun ajaran 2021.

Seleksi saat ini akan memasuki tahap Psikotes, Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Leaderless Group Discussion (LGD), Rabu (16/9/2020), dengan mekanisme pelaksanakan melalui hubungan internet atau secara daring.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah mengumumkan nama-nama peserta seleksi bersama SILN (14/9), dan yang lolos tahap seleksi adm sebanyak 14 orang, termasuk diantaranya Milwan, putra Soropia, Konawe, Sulawesi Tenggara.

Dari 14 nama-nama peserta yang lolos seleksi adm, akan diuji lagi secara bertahap hingga terjaring 5 orang sebagai peserta terbaik, untuk menjadi kepala SILN di beberapa negara yang telah ditetapkan. Seleksi penerimaan kepala SILN akan berlansung secara bertahap hingga akhir tahun 2020.

Para kepala sekolah yang lolos seleksi, nantinya akan ditempatkan di sejumlah SILN, yaitu Sekolah Indonesia Jeddah, Sekolah Indonesia Davao, Sekolah Indonesia Singapura, Sekolah Indonesia Yangon, serta pada Sekolah Indonesia Makkah.

Kesempatan meraih kepala SILN tak disia-sia kan Milwan SPd MPd, salah satu putra terbaik Soropia, kandidat Doktor Manajemen Pendidikan pada Universitas Haluoleo Kendari.

Milwan "milik wanita" seloroh ayah dari dua orang anak perempuannya, disela kesibukannya sebagai kepala sekolah SMP 9 Kendari, Ia dilahirkan ditengah keluarga Bugis Tapulaga-Toronipa, namun dibesarkan di lingkungan suku Sama atau Bajo di Pulau Bokori. Suami Sitti Nurdianah ini lahir di Toronipa, kecamatan Soropia, kabupaten Kendari (sebelum berdiri daerah otonomi baru Konawe), pada 6 September 1971.

Putra pasangan Hi Uddin dan Hj Sabenna ini, masa kanak-kanak hingga remaja Ia habiskan di pulau Bokori, sebuah pulau kecil dengan luas areal kurang lebih 2,5 ha (hektare) di teluk Kendari, pulau yang berpenduduk tidak lebih dari 100 kepala keluarga saat itu, dan dihuni mayoritas dari suku Bajo. 

Milwan , setelah menamatkan pendidikan dasar di SDN Bokori tahun 1981, kemudian melanjutkan pendidikan menengah di SMP Soropia di Toronipa. Setiap hari Ia bersama anak Bajo rekan sekolahnya, pergi dan pulang sekolah menyeberangi selat pulau Bokori dengan biduk (perahu kecil) menuju Toronipa, tempat Ia menempuh pendidikan  SMP selama tiga tahun, hingga menamatkan diri pada tahun 1987.

Sulung dari empat bersaudara ini kemudian melanjutan pendidiń∑an menengah atas di SMA Muhammadiyah Kendari. Milwan yang mahir bahasa Bajo ini, menamatkan pendidikan SMA tahun 1990 pada jurusan A2 Biologi.

Berbekal pengetahuan biologi di bangku SMA, Ia melanjutkan pendidikan diploma dan meraih gelar ahli madya tingkat diploma tiga pada tahun 1993.

Setelah menyandang diploma tiga, Ia mulai mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik pada SMP Manggadua (sekarang SMP 6 Kendari)

Tak puas dengan pendidikan diploma, Ia kemudian masuk perkuliahan jenjang strata satu (S1) pada jurusan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, dan tahun 1999 Ia berhasil meraih gelar sarjana pendidikan (S.Pd).

Kepala sekolah berprestasi juara dua tingkat nasional ini, kemudian menghabiskan banyak waktunya dalam dunia pendidikan sebagai guru, dan dipercayakan sebagai kepala sekolah sejak tahun 2004 pada SMP 17 Kendari sampai tahun 2017. 

Milwan sangat tertarik dengan penerapan sistem manajemen pendidikan sekolah dan menuangkannya dalam berbagai karya tulis, hingga meraih Juara 1 Tingkat Nasional Karya Tulis Manajemen Sekolah pada tahun 2012.

Kepala sekolah peraih penghargaan Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional, Milwan, dalam kesehariannya di rumah sangat disiplin dalam melaksanakan ibadah bersama Isteri dan anak-anaknya, di sekolah yang Ia pimpin pun demikian, hal ini mengantarkannya meraih prestasi Juara 3 Tingkat Nasional Sekolah Pengembang Pendidikan Agama.

Dengan berbagai prestasi nasional yang Ia raih, memberikannya kesempatan untuk menyambangi berbagai negara belahan Eropa dan Asia, diantaranya Belanda, Spanyol (Madrid dan Barcelona), Malaysia, Thailand, Singapura, termasuk Rusia (Moscow), sebagai duta Benchmarking Networking Indonesia di kancah dunia internasional.

Dengan dipercayakan sebagai kepala sekolah SMP 9 Kendari sejak tahun 2017, magister pendidikan tahun 2003, Milwan, yang memiliki segudang pengalaman dan prestasi dibidang pendidikan, memudahkannya mengubah wajah dan paradigma SMP 9 yang Ia pimpin saat ini.

Disela kesibukannya memimpin sekolah, Ia juga dipercayakan sebagai Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Kendari periode 2017-2022.

"Doakan semoga saya lulus seleksi kepala sekolah luar negeri Indonesia, amiiin ya rabbal alamin", kata Milwan. 

Penulis : N. Akbar
RedaksiTN