Otonomi

Rayakan Idul Adha, Rutan Kelas IIA Kendari Sembelih 3 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing

Redaksi TN | Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:14:19 WIB | dibaca: 70 pembaca

TopikNews (KENDARI) - Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah (H) tahun 2020 Masehi, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Kendari melakukan penyembelihan hewan Kurban sebanyak 3 (tiga)ekor Sapi dan 1 (satu) ekor Kambing untuk warga binaan. Hal ini bertujuan untuk menghidupkan kegiatan keagamaan. Sebelum dilakukan prosesi penyembelihan hewan Kurban terlebih dahulu diadakan pemeriksaan kesehatan oleh Dokter Hewan. 


Diketahui bahwa, hewan Kurban tersebut merupakan sumbangan atau kumpulan dari jajaran pegawai Rutan Kelas IIA Kendari. Hal tersebut diungkapkan Kepala Rutan Kelas IIA Kendari, Iwan Mutmain, SH, Jumat, (31/7/2020).


"Terlebih dahulu saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama Panitia hari raya Idul Adha yang sudah bekerja keras dalam pengumpulan hewan Kurban sampai pelaksanan shalat.Idul Adha ini terlaksana dengan baik, aman dan lancar sampai proses penyembelihan dan pembagian hewan qurban," ungkap Iwan saat ditemui diruang kerjanya.


Pemotongan hewan kurban tersebut dilakukan secara bersama-sama dengan para warga binaan dan sejumlah Pegawai Rutan Kelas IIA Kendari dan juga disaksikan langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham Sultra), Sofyan, S.Sos., SH., MH,


"Jadi kita bersama warga binaan di dalam Rutan merayakannya, yang selanjutnya daging hewan kurban tersebut nantinya akan dinikmati secara bersama-sama oleh seluruh warga binaan," ujarnya.


Iwan juga menjelaskan, meskipun para warga binaan belum dapat bertemu dengan keluarga karena terbatas akibat wabah Covid-19, mereka cukup antusias merayakan Idul Adha di tahun ini, dan kami pihak Rutan selalu memberikan motivasi agar tetap bersabar dalam menghadapi cobaan.


Perlu diketahui jumlah warga binaan Rutan Kelas II A Kendari kata Iwan, berjumlah 461 (empat  ratus enam puluh satu) orang. Dari jumlah tersebut ada sekitar 20 (dua puluh) orang yang beragama non muslim. "Mereka tetap mengucapkan selamat hari raya Idul Adha dan mendapat pembagian lauk dari daging Kurban. Dimasak bersama-sama dan dinikmati bersama warga binaan pula di Rutan," Ungkap Iwan.

Penulis : Syukri
RedaksiTN