Otonomi

Sebanyak 16 Bencana Yang di Tangani Oleh BPBD Kabupaten Bengkalis Di Akhir Penghujung Tahun 2017

Redaksi TN | Kamis, 04 Januari 2018 - 13:22:23 WIB | dibaca: 89 pembaca

TopikNews (BENGKALIS) - Selama bulan Desember 2017, sebanyak enam belas kasus bencana yang ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis H Jaafar Arief, Rabu 3 Januari 2018, menjelaskan, dari laporan yang diterima dari masyarakat peristiwa bencana terjadi pada 1 hingga 29 Desember 2017.

Jenis bencana yang melanda bervariasi, didominasi kasus kebakaran, patah dahan, kecelakaan lalu lintas dan bencana alam puting beliung.
Adapun penanggulangan bencana, yaitu, kebakaran di Mall Mandau City tepatnyanya di KFC lantai dasar Mandau, 1 Desember 2017. Kebakaran rumah bulatan dan rumah petak tiga di Jalan Babussalam Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau terjadi pada 2 Desember 2017.

Selang sehari kemudian, 3 Desember 2017  tepatnya di Jalan Parit Tiung Dusun Mekar Indah Desa Jangkang di rumah terpuruk.  Pada keesokkan harinya, ditemukan jenazah di Pelabuhan Roro Air Putih Bengkalis 4 Desember 2017.

Sepekan kemudian, tepatnya pada 10 Desember 2017, terjadi kebakaran Rumah di Jalan Simpang Jepang Desa Tengganau Kecamatan Pinggir. Kemudian pada 11 Desember 2017 tanah abrasi akibat hantaman gelombang yang sudah merusak perkebunan nenas warga. Selang dua hari kemudian, terjadi peristiwa kebakaran rumah  di Jalan Kelapa Desa Pakning Kecamatan Bukit Batu 13 Desember 2017 dan pada hari yang sama ditemukan mayat di Desa Mentayan.

Selanjutnya pada 15 Desember 2017, terjadi angin puting beliung di Jalan Nasrun dan Parit Tengah Desa Muntai Kecamatan Bantan. Kebakaran 1 unit rumah ibadah/rumah suluk di Jalan Desa Pinggir 17 Desember 2017.

Kemudian terjadi kebakaran 2 unit rumah di Desa Tambusai Batang Dui Kecamatan Mandau milik Elvidianto dan Nurgiyanto pada 18 Desember 2017. Pada hari yang sama, di tempat berbeda ditemukan 1 korban jiwa tenggelam di Jalan Muara Indah Kesek Labang Kabupaten Bangkalan.

Pada tanggal 24 Desember, kembali terjadi musibah kebakaran terhadap bengkel sepada motor milik Andi di Dusun Panggau Desa Beringin Kecamatan Talang Muandau.  Terakhir penanggulangan bencana kebakaran rumah di Jalan Simpang Tiga Ketam Putih Dusun II Kecamatan Bengkalis  terjadi pada 29 Desember 2017.

“Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Bengkalis,” ujar Jaafar.

Lebih lanjut dikatakan Jaafar, BPBD ini memiliki lambang segitiga memiliki tiga kata penting untuk personel BPBD yaitu, tangkas, tanggap, dan tangguh, serta menetapkan kata 'tidak boleh mati' adalah slogan dari BPBD tersebut.[TN/rls]  

RedaksiTN