Pendidikan

Terjadi Kecurangan Saat Tes Masuk STAN, Pelakunya Anak Pejabat

Redaksi TN | Jumat, 06 Juli 2018 - 23:18:35 WIB | dibaca: 49 pembaca

TopikNews (JAKARTA) - Panitia seleksi penerimaan mahasiswa baru membongkar praktik curang yang terjadi di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Administrasi Negara (PKN STAN).

Disebutkan, aksi curang dilakukan lima peserta yang mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di PKN STAN Makassar, Sulawesi Selatan.

Kelima peserta itu tak bisa berkutik ketika aksinya terbongkar saat mengikuti tes.

Aksi culas mereka sempat lolos dari pemeriksaan sebelum tes. Modusnya cukup rapi dan terbilang profesional. Mereka menggunakan kamera mini atau spy camera yang terhubung dengan gawai (smartphone).

Kepala Kantor Regional IV Makassar, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Sayadi membeberkan, mereka memasang kamera kecil di lengan baju. Kamera itu terhubung dengan gawai yang diselipkan dalam pakaian dalam.

"Kamera ini fungsinya untuk menyorot soal di layar monitor. Gambar yang terekam kamera tersebut terhubung ke gawai yang sudah disetel khusus. Hasil rekaman itu juga terhubung dengan gawai yang dikendalikan orang luar," beber Sayadi kepadaJawaPos.com Group, Selasa, 3 Juli 2018.

Ponsel mereka, lanjut Sayadi, terhubung dengan aplikasi WhatsApp. Setelah itu, ada beberapa rangkaian kabel dari ponsel yang terhubung ke telinga peserta.

"Jadi semua sudah lengkap. Kamera itu menghubungkan orang yang akan memberikan jawaban yang terhubung lewat ponsel. Jadi yang jawab ini dari luar," ungkapnya.

Aksi peserta tersebut terbongkar saat mengikuti tes masuk PKN STAN 29 Juni dan 2 Juli 2018. Namun karena untuk kepentingan pengembangan, BKN baru merilis peristiwa ini. [TN/aL]

RedaksiTN