Ekbis

Tidak Lama Lagi E-Samsat Siap Diluncurkan Di Riau Melalui Bank Riau Kepri

Redaksi TN | Kamis, 26 April 2018 - 08:46:25 WIB | dibaca: 54 pembaca

Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Adlinsyah M. Nasution beserta Deputi Pencegahan KPK RI Junet Junaidi bersama Kepala Bapenda Drs. H. Indra Putrayana, M.Si, Kepala PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau Herry Kesuma, SE, MM, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Riau Kompol Zulanda, SIK, M.Si, Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari dan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Eka Afriadi usai pertemuan persiapan launching e-samsat, Rabu (25/8/18) di Ruang Rapat Direksi Lantai 8 Gedung Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri.

TopikNews (PEKANBARU) - Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau bersama Polda Riau serta Jasaraharja dan Bank Riau Kepri melakukan pembahasan persiapan launching e – Samsat, Rabu (25/8/18) di Ruang Rapat Direksi Lantai 8 Gedung Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri. Pertemuan ini juga dihadiri  Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Adlinsyah M. Nasution beserta Deputi Pencegahan KPK RI Junet Junaidi sebagai Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) yang meliputi e-Planning dan e-Budgeting, e-PTSP (Perizinan), Pengadaan Barang dan Jasa, Penguatan APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah), e-Samsat, dan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP).

Dalam hal ini KPK RI turut serta mengawal langsung proses launching program e – Samsat Provinsi Riau ini. E-Samsat PT. Bank Riau Kepri merupakan sebuah perangkat lunak yang dibangun dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui ATM Bank Riau Kepri.

Istimewanya aplikasi e-Samsat ini dapat diunduh langsung melalui playstore, hal ini merupakan yang pertama untuk seluruh BPD di Indonesia. Selain itu aplikasi e-samsat yang ada pada Bank Riau Kepri terintegrasi secara online untuk seluruh wilayah Riau.

Turut hadir pada pertemuan ini Kepala Bapenda Drs. H. Indra Putrayana, M.Si, Kepala PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau Herry Kesuma, SE, MM, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Riau Kompol Zulanda, SIK, M.Si, Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari dan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Eka Afriadi beserta beberapa Pemimpin Divisi terkait.

Kepala Bapenda Drs. H. Indra Putrayana, M.Si menyampaikan program E- Samsat ini memberikan banyak keuntungan serta kemudahan, pembayaran yang dilakukan langsung oleh Wajib Pajak via ATM, diharapkan dapat menghindarkan percaloan, menghilangkan korupsi penerimaan pajak, ketepatan perhitungan pajak yang akan dibayarkan, serta tentunya memberikan kenyamanan bagi para Wajib Pajak.

Pada kesempatan ini Pemimpin Bagian Projas Edi Wardana mempresentasikan teknis penggunaan aplikasi e-samsat mulai dari mengunduh aplikasi e-samsat di playstore sampai dengan penggunaannya di ATM Bank Riau Kepri. 

Program e-samsat ini siap dilaunching pada tanggal 9 Mei 2018 yang akan datang. [TN/aL]

RedaksiTN