Ekbis

Tingkatkan Daya Saing, Perbankan Wajib Kembangkan Fintech

Redaksi TN | Minggu, 11 Desember 2016 - 09:49:08 WIB | dibaca: 410 pembaca

TopkNews.Com, Jakarta - Bank Indonesia  (BI) terus mendorong program digitalisasi jasa keuangan alias Financial Technology (Fintech). Upaya tersebut dapat meningkatkan efisiensi transaksi keuangan dan mempermudah masyarakat mendapatkan akses keuangan. Melalui pengembangan fintech dan regulasinya, indonesia diharapkan mampu bersaing ditengah era globalisasi teknologi keuangan.

"Jadi artinya masyarakat yang menggunakan uang cash itu lebih sedikit. Kalau dulu kan orang kemana mana bawa uang cash, sedangkan dalam beberapatahun ini kan orang pakai kartu atau makin sedikit yang bertransaksi pakai cash", kata Direktur Eksekutif Indonesia ITC Institutite, Heru Sutadi, Selasa (6/12)

 

"Memang pengembangan teknologi itu kan tidak murah ya, tapi kalau yang menggunakan banyak, dan pemerintah bisa memaksimalkan hingga kepedalaman indonesia, itu jadi tidak mahal. Karena pengguna nya banyak, dan mereka tau ini praktis, ini yang harus kita dorong agar pemanfaatan teknologi ini menjadi hal yang umum", paparnya. Bahkan Heru memperkirakan ditahun 2018, finansial teknologi disektor perbankan bisa tumbuh sampai doubel digit, sedangkan ditahun 2017, diperkirakan akan tumbuh sekitar 8 persen. "Dengan pengembangan fintech ini, kemungkinan praktek-praktek fraud dan cyber crime disektor perbankan akan turun drastis. Sehingga ini memang harus didukung, khususnya dengan teknologi yang memadai jugjuga"tutupnya.

 

 Laporan : AldiRaff