Otonomi

Tolong, Posko Karhutla Bandar Petalangan Butuh Oksigen, Perusahaan Jangan Acuh Tak Acuh

Redaksi TN | Senin, 23 September 2019 - 15:26:42 WIB | dibaca: 136 pembaca

TopikNews (PELALAWAN) - Kebakaran hutan dan lahan di willayah  kecamatan Bandar  Petalangan Kabupaten Pelalawan Riau,sudah berlangsung tujuh hari tujuh malam,titik kebakaran selalu berpindah pindah,membuat tim kathutlah baik dari TNI,POLRI,MPA dan PEMDA terus berjibaku untuk padam kan api.

Atas terjadi nya bencana kebakaran tersebut,Camat Bandar Petalangan membuka posko karhutlah yang melayani kesehatan (emergency) di seputar pemukiman penduduk yang dekat dengan lokasi kebakaran.Senin 23/09/2019.

Kepala badan layanan umum daerah (BLUD) puskesmas madani kecamatan Bandar Petalangan,Rita Widuri,S.KM.kepada awak media,(23/09).membenarkan bahwa posko karhutlah untuk melayani kesehatan masyarakat sudah kita buka sejak hari sabtu 21/09/2019 yang lalu.

Pelayanan kesehatan ini terletak di desa Lubuk leranji timur tepat nya di smp jauh,buka 2x24 jam,mulai jam 8 pagi sampai jam 1 siang posko karhutlah petugas jaga langsung dari staf puskesmas,dari jam 1 siang sampai berikut nya di pusat kan ke poskesdes terdekat.


Mengingat kabut asap semangkin tak terkendali,Untuk saat ini posko karhutla terkendala dan kekurangan bahan oksigen,berharap sangat instasi manapun begitu juga pihak perusahaan swasta tidak malu malu dalam memberikan bantuan oksigen ke posko karhutla karena sangat di butuh kan sekali bagi masyarakat yang terkena ISPA.pinta nya.

Camat Bandar Petalangan,Faisal,membenarkan bahwa posko karhutla ( kedap asap) telah di buka sejak hari sabtu (21/09) di desa lubuk keranji timur.posko karhutla ini di bantu dari TNI dan Polri juga pihak perusahan swasta.kebutuhan oksigen memang kurang memadahi,berharap kepada pihak perusahaan agar bermurah hati untuk memberikan bantuan oksigen tersebut di karena kan tim karhutlah dalam melaksanakan tugas nya sempat ada yang pingsan.

Untuk saat ini,pihak perusahan PT Arara Abadi distrik Sorek,PT Serikat Putra telah memberikan bantuan nya dengan semaxsimal mungkin dalam memadamkan api.begitu juga TNI dan Polri, siang dan malam terus berjibaku menangani karhutlah,ucap nya.

Tokoh masyarakat desa lubuk Ranji timur,Afandi,mengucapkan ribuan terima kasih kepada tim karhutlah,baik dari TNI dan POLRI,DMPA juga kepada perusahan PT Arara Abadi,PT Serikat Putra yang bekerja siang dan malam.kepada seluruh kepala desa sekecamatan bandar petalangan yang ikut serta dalam tim karhutla.

Berharap sangat,agar pihak pemerintah untuk memberikan bantuan secepat mungkin baik itu Oksigen dan obat obat an yang di butuh kan oleh masyarakat juga petugas karhutlah.banyak nya titik api saat ini tidak membuat tim karhutla tidak patah semangat,walaupun sampai saat ini api belum dapat di padam kan semua nya.berharap tidak putus asa.pinta nya. [TN/Dian]

RedaksiTN