Advertorial

Wali Kota Susun Buku Pembangunan Pekanbaru

Redaksi TN | Jumat, 27 Agustus 2021 - 13:43:10 WIB | dibaca: 75 pembaca

PEKANBARU - WaliKota dan tim dari dinas tertentu tengah menyusun buku pembangunan Pekanbaru. Buku ini bukan berupa gambar infrastruktur yang telah dibangun dalam sepuluh tahun terakhir.

"Kami sedang menyusun buku Pembangunan Pekanbaru. Kami menjabarkan pembangunan Pekanbaru dalam bentuk literasi dari versi saya," ujar WaliKota Pekanbaru Firdaus, Selasa (24/8).

Menurutnya, sebuah literasi itu berupa gagasan dan ide yang dituangkan dalam perencanaan. Kemudian, rencana itu ditulis dalam bentuk program. Maka, program itu harus dikerjakan.

"Apa yang telah ditulis, dikerjakan. Apa yang telah dikerjakan, ditulis kembali. Agar dapat dibaca lagi. Itulah literasi," jelas Firdaus.

Literasi seperti ini dikembangkan dalam konsep membangun Kota Pekanbaru. Jadi, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah disusun sejak 2012 merupakan gagasan saat masa kampanye.

Gagasan itu dituliskan dalam sebuah perencanaan. RPJMD itu diterjemahkan oleh dinas menjadi rencana kerja. Dari yang telah dikerjakan selama 10 tahun ini, inilah waktunya menuliskan kembali.

"Makanya, kami merencanakan penyusunan sebuah buku dari yang telah dikerjakan selama 10 tahun. Namun, kami tidak menjabarkannya dalam bentuk tulisan," ucap Firdaus.

Buku yang diterbitkan ini lebih banyak cerita bergambar disertai data-data. Buku ini direncanakan selesai akhir tahun 2021.

Penyusunan buku ini melibatkan beberapa OPD. Kemudian, buku ini ditambah dengan penjelasan kepala daerah. Hal yang akan dijabarkan adalah pembangunan di bidang sumber daya manusia, pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastuktur, dan pelayanan publik.
 

 
"Kami bukan membuat laporan akhir masa jabatan. Kami menyusun buku guna berbagi ilmu dalam melalui proses pembangunan. Agar, generasi berikutnya bisa menjadikan buku itu referensi dalam pembangunan," sebut Firdaus.