Ekbis

Wisata Pantai Toronipa Dibuka Terapkan Protokol Covid-19, Pengunjung Tidak Pakai Masker Dilarang Masuk

Redaksi TN | Sabtu, 11 Juli 2020 - 19:32:00 WIB | dibaca: 257 pembaca

TopikNews KONAWE  - Wisata Pantai Toronipa dibuka dengan tetap menerapkan Protokol Pemerintah tentang Covid -19, dan pengunjung yang tidak pakai masker dilarang masuk.

Hal ini diungkapkan Ketua Gugus Tugas Covid -19 Kecamatan Soropia, Muhammad Husain SSi usai bersama tim, memantau kedatangan pengunjung di pintu gerbang masuk kawasan pantai Toronipa, Sabtu (11/06).

Dibukanya kembali wisata pantai Toronipa dengan standar protokol Covid- 19 tersebut, pantai Toronipa mulai ramai kembali dikunjungi wisatawan, setelah beberapa bulan sebelumnya ditutup, dan warga mendesak untuk dibuka kembali.

Terkait aspirasi warga yang mendesak wisata pantai Toronipa dibuka kembali, Ketua Pengelola Wisata Pantai Toronipa, Abdul Halim menjelaskan, desakan warga ditenggarai dampak kerugian yang dialamì, selama kurang lebih empat bulan ditutup, sejak bulan maret lalu.

Lanjut Halim, selama wisata pantai ditutup, warga yang menggantungkan diri dari hasil pengelolaan pariwisata yang ada, tidak mendapatkan penghasilan sama sekali. Warga juga merugi, akibat dagangan makanan snack dan minuman tidak bisa dijual lagi, karena kadaluarsa atau expayer, sehingga warga mendesak wisata pantai dibuka kembali.

Menyikapi desakan warga, Sekretaris Kecamatan Muh Husain mengungkapkan, Camat Soropia telah mengambil langkah-langkah persuasif, melalui lurah Toronipa, bekerjasama dengan aparat Kepolisian setempat, serta meneruskan aspirasi warga kepada Bupati Konawe.

Desakan warga kemudian ditindak lanjuti Bupati Konawe, dengan menugaskan tim dari Dinas Pariwisata, untuk meninjau persiapan dibukanya kembali wisata pantai Toronipa. Termasuk, membentuk tim Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Wabah Covid- 19 Kecamatan, oleh Camat Soropia, Masnur SPd.I MM.

"Pada prinsipnya, pariwisata yang sempat ditutup akan dibuka kembali, dengan memperhatikan protokol Covid- 19, sehingga dibutuhkan persiapan matang untuk pelaksanaannya", kata Sekcam Husain.

Hal senada, diungkapkan anggota tim Gugus Tugas Covid-19  Soropia, Rano SKep, tim gugus tugas bersama TNI/POLRI setempat, telah melakukan sterilisasi kawasan wisata pantai Toronipa. Penyemprotan desinfektan dilakukan dua kali setiap minggu, pada hari Jumat saat sepi pengunjung, dan hari Senin, setelah hari libur Sabtu dan Minggu. Warga juga dihimbau menyiapkan cairan desinfektan bagi pengunjung.

Pada hari libur Sabtu dan Minggu, tim gugus tugas memantau pengunjung di gerbang masuk pantai Toronipa. Setiap pengunjung yang akan masuk, diwajibkan memakai masker, serta melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

"Pengunjung yang tidak memakai masker, tidak diijinkan masuk kawasan pantai Toronipa", tegas Rano.

Gugus tugas Soropia berharap, warga dan pengunjung tetap mentaati protokol Covid- 19 serta himbauan pemerintah, agar masa uji coba penerapan protokol Covid -19 di kawasan pantai Toronipa dapat berjalan dengan baik, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan terkait penyebaran virus corona, dapat dihindari, dan perekonomian masyarakat berangsur-angsur pulih kembali. 

By.          N Akbar

Redaksi TN c