Advertorial

Dishub Pekanbaru Tuntaskan Meterisasi LPJU Di 2 Rayon

Redaksi TN | Kamis, 02 Desember 2021 - 07:37:22 WIB | dibaca: 324 pembaca

Pekanbaru, Riau – Topiknews

Lagi, Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru memasang 150 panel box Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang akan dimeterisasi di sejumlah titik di Wilayah Rayon Panam dan Rayon Simpang Tiga. Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso melalui Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana (Kabid KTSP) Dishub Kota Pekanbaru, Adi Lesmana mengatakan, Pemerintah Kota Pekanbaru akan melakukan meterisasi pada 9.283 titik LPJU di Rayon Panam dan Rayon Simpang Tiga pada Desember tahun ini.

"Adapun pemasangan untuk  150 box panel PJU sudah tuntas dilakukan, dalam hal ini pada Dua Rayon yakni Panam dan Simpang Tiga. Artinya, panel dan jaringannya sudah terpasang. Jadi, tinggal pihak PLN keluarkan KWH nya lagi," ujar Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana (Kabid KTSP) Dishub Kota Pekanbaru, Adi Lesmana kepada Fakta Pekanbaru baru-baru ini.
 

 
Dan untuk tahun 2022 nanti, dikatakan Adi, Dishub Pekanbaru juga telah merencanakan penambahan pemasanagn 150 panel box untuk meterisasi LPJU di Rayon Panam dan Rayon Simpang Tiga. Adapun Meterisasi yang dilakukan oleh Dishub Pekanbaru tersebut, bertujuan untuk mengurangi tagihan listrik. Dengan kata lain, meterisasi dapat menghemat tagihan PJU hingga 60 persen.

"Meterisasi LPJU pada 2 Rayon tersebut sangat diperlukan, mengingat tagihan PJU di 2 Rayon itu cukup besar per bulannya. Karena itu, Desember ini pihak Dishub Pekanbaru mengupayakan PJU sudah dimeterisasi sehingga tagihan listrik PJU Pemko Pekanbaru bisa turun lagi," jelas Adi.

Meterisasi LPJU Di Tiga Rayon Sudah Tuntas


Sebelumnya pada awal tahun lalu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru sudah melakukan pemasangan meterisasi Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di tiga Rayon. Diantaranya, Rumbai, Kota Barat dan Kota Timur. Adapun total di 3 Rayo tersebut sebanyak 1.391 titik LPJU yang di meterisasi. Adapun 5 Rayon LPJU tersebut mengikuti wilayah rayon kerja PLN, yakni Rumbai, Kota Barat, Kota Timur, Panam dan Simpang Tiga.

Tidak hanya sampai disitu saja, Adi menambahkan, Dishub Pekanbaru juga telah melakukan penertiban terhadap PJU ilegal, antara lain lampu jalan yang di pasang di Jalan Perumahan diatas 100 watt. Sehingga, yang awalnya tagihan PJU bisa mencapai Rp. 12 miliar, sekarang tagihannya bisa turun mencapai Rp. 4,7 miliar per bulan.

“Adapun dasar hukum penertiban tersebut adalah Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 19 tahun 2010, yang mana didalam Perwako tersebut disebutkan pemasangan PJU tidak lebih dari 100 watt. Hal ini bertujuan menghemat tagihan PJU, berdasar itulah pihak Dishub Pekanbaru mengganti bola lampu PJU ke lampu hemat energy,” terang Adi. (ADV)